oleh

Percayakan JKN-KIS untuk Lindungi Keluarga

-PRABUMULIH-78 views

monopolisumselnews| Prabumulih – Andi Agus Triyono (34) merupakan seorang petani dan juga seorang peserta JKN-KIS dari segmen pekerja mandiri. Ia menyadari bahwa hadirnya Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 memiliki banyak manfaat bagi perlindungan kesehatannya sekeluarga.

“Sejak Program JKN-KIS ada, saya langsung mendaftar menjadi peserta JKN-KIS. Dulu saya bekerja sebagai karyawan di perusahaan dan pada saat itu saya didaftarkan melalui perusahaan. Namun, pada tahun 2018 saya berhenti bekerja di perusahaan dan sekarang hidup bertani,” kata Andi saat ditemui.

Andi berbagi pengalamannya menggunakan kartu JKN-KIS. Dari tahun 2014 ia belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS tersebut. Namun pada tahun 2018, saat istrinya melahirkan, Andi pun menggunakan kartu JKN-KIS.

“Tepat tanggal 23 Agustus 2018, istri saya melahirkan dan saat itu yang paling saya ingat adalah seluruh biayanya ditanggung sama kartu ini (JKN-KIS). Sungguh luar biasa, kemudian saya iseng bertanya kepada petugas di rumah sakit, dan ternyata biaya lahiran untuk cesar sebesar 12 juta. Saat itu saya terenyuh mendengarnya. Saya tidak bisa berkata apa-apa, yang ada di pikiran saya ada kata terima kasih kepada Program JKN-KIS yang telah menolong buah hati pertama kami. Jika tidak ada JKN-KIS, dari mana kami memperoleh uang sebanyak itu,” ungkap Andi.

Andi menambahkan, saat menggunakan kartu JKN-KIS petugas rumah sakit tidak membeda-bedakan, sama baiknya saat petugas rumah sakit melayani pasien lainnya.

“Ketika istri saya masuk ke rumah sakit, petugas rumah sakit langsung memberikan pelayanan kesehatan. Kemudian setelah selesai, hal pertama yang ditanyakan oleh rumah sakit adalah menggunakan kartu JKN-KIS atau tidak,” kata Andi tersenyum.

# Baca Juga :  Antrian Elektronik Permudah Peserta Akses Layanan Kesehatan

Andi melanjutkan, belum lama ini anaknya membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit, karena terkena diare sehingga membutuhkan perawatan.

“Minggu lalu anak saya terkena diare, kemudian harus dirujuk ke rumah sakit. Saya sudah pernah menggunakan kartu JKN-KIS dan merasa sangat puas dengan pelayanannya oleh karena itu saya tidak takut lagi dengan biaya untuk berobat,” kata Andi.

Komentar

BACA JUGA