oleh

PHL Senior di Prabumulih Tidak Lulus Uji Kompetensi, Tenang? Masih Ada Harapan Untuk di Perpanjang Kontrak

-PEMERINTAHAN-2.995 views

monopolisumselnews| Prabumulih – Sempat di kabarkan oleh beberapa surat kabar, bahwa akan di adakanya penyeleksian Pekerja Harian lepas (PHL) di ruang lingkup Pemerintahan Kota Prabumulih dengan metetode Uji Kopensi, yang di ketahui bakal di laksanakan pada hari Saptu mendatang.

Hal tersebut sempat menjadi momok menakutkan bagi para PHL. Karena, jika seorang PHL tidak layak atau tidak lulus dalam Uji Kopetinsi, kabarnya Pihak Pemerintah Kota Prabumulih bakal melakukan pemutusan kontrak atau tidak di perpanjangnya Kontrak Kerja PHL tersebut.

Tapi. Yang jadi pertanyaan besar, kenapa Pihak Pemerintah Kota Prabumulih melakukan Uji Kopetensi ?.

Jelas. Tujuannya untuk mengurangi para PHL yang saat ini sudah mencapai kurang lebih 4000 PHL yang tersebar di seluruh instansi dan OPD di bawah naungan Pemerintahan Kota Prabumulih.

# Baca Juga :  Kunker Kakanwil Sumsel, kebersihan Rutan Prabumulih baru 50%

Dilansir dari haluanberita.com, Walikota Prabumulih ir H Ridho Yahya MM mengatakan, aturan tersebut bukanlah dari pihak Pemerintahan Kota Prabumulih, melainkan instruksi langsung dari Kementerian Dalam Negeri untuk bisa menyeleksi para PHL dengan cara Uji Kopetensi, Senin (02/12/2019) lalu.

Sebenarnya hal ini tidak bakal terjadi, jika instansi atau OPD di bawah naungan Pemerintah Kota Prabumulih tidak terus menerus menerima PHL baru, dengan alasan kurangnya tenaga pembantu yang berujung dengan membludaknya tenaga PHL.

Namun di sisi lain, penerimaan PHL baru sebenarnya bertujuan untuk membuka kesempatan kepada putra putri Kota Prabumulih untuk mendapatkan perkerjaan, yang memang untuk saat ini di Kota Prabumulih sangat sulit untuk mendapatkan perkerjaan yang layak.

Jadi, dalam hal ini, siapa yang harus di salahkan?.

Selanjutnya, bagaimana nasib para PHL yang sudah belasan tahun mengabdi di pemerintahan Kota Prabumulih jika dinyatakan tidak lulus dalam uji kopetensi nanti ?.

Menanggapi hal itu, Walikota Prabumulih ir H Ridho Yahya MM saat di bincangi media ini setelah menghadiri acara peringatan Hut PGRI dan Hari Guru Nasional di Pendopoan Rumah Dinas, Selasa (04/12/2019).

Dirinya mengungkapkan, akan berkordinasi dengan tim penilai untuk mempertimbangkan kelulusan untuk para PHL yang sudah mengabdi selama belasan tahun.

“Pastilah, nanti kita minta kepada tim penilai untuk mempertimbangkan kelulusan PHL yang sudah belasan tahun mengabdi, tapi dalam catatan sepanjang dia rajin berkerja,” ungkap Ridho.

Ia menilai, PHL yang sudah mengabdi selama belasan tahun sudah terbukti dengan kesabaran serta dengan upah yang kecil hingga saat ini masih terus mengabdi.

“Kita ambil contoh, PHL yang sudah belasan tahun mengabdi mungkin sudah lupa dengan materi pembelajaran pada waktu kuliah dulu. Ya pasti di kalahkan oleh PHL baru yang masih fres yang masih pinter. Jadi PHL yang lama itu masih kita prioritaskan, kasihan nasib dia jika tidak lulus,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA