oleh

Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi, SDN 4 Ujan Mas Muara Enim Harap Menjadi Sekolah Berdaya Saing di Tingkat Nasional

monopolisumselnews| Muara Enim –Mewujudkan sekolah Adiwiyata, membutuhkan perjuangan dan waktu yang panjang. Tak terkecuali bagi sekolah-sekolah di Kabupaten Muara Enim, terutama dalam melahirkan kepedulian dan kesadaran para siswa dan guru terhadap lingkungan dan budaya.

Adapun tujuan dari Adiwiyata adalah membuat sekolah peduli dan berbudaya Lingkungan yang mendukung, serta melaksanakan pelestarian Lingkungan dan pembangunan berkelanjutan untuk kepentingan generasi sekarang juga yang akan datang.

# Baca Juga :  Hendak pulang kerumah, siswi ini meregang nyawa di lindas Truck Aspal

Program Adiwiyata bisa menjadi Gerakan Nasional yang dapat membangkitkan mutu sekolah dan Madrasah di Indonesia.

Seperti halnya Sekolah Sasar (SD) Negeri 4 Ujan Mas, Kababupaten Muara Enim yang sempat mendapatkan penghargaan Adiwiyata di tingkat Kabupaten pada tahun 2018 dengan meraih peringkat 3, dan kini di tahun 2019 SD Negeri 4 Ujan Mas kembali meraih peringkat 3 di tingkat Provinsi.

“kita sempat meraih peringkat ke 3 penghargaan Adiwiyata di tingkan Kabupaten di tahun 2018 yang lalu, dan di tahun ini alhamdulilah kita mendapatkan peringkat ke 3 di tingkat Provinsi,” ungkap ST Romlah SPd selaku Kepala Sekolah Dasar Negri 4 Ujan Mas saat di bincangi media ini, Rabu (04/12/2019).

# Baca Juga :  Dukung Sistem Pembelajaran Daring, Bank Sumsel Babel Prabumulih Sumbang Wifi Gratis di 4 Titik

Dirinya menilai, Program Adiwiyata dapat mewujudkan sekolah menjadi bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dengan melalui tata kelola sekolah yang baik, indah dan asri dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

“Ada empat komponen penilaian program Adiwiyata yaitu, kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum sekolah berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan,” jelasnya.

Ia juga berharap, dengan mendapatkannya penghargaan Adiwiyata tersebut, bisa membawa SD Negeri 4 Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim dapat menjadi sekolah berdaya saing di tingkat Nasional.

Sementara itu, Siska Ayu Fitriani yang merupakan Siwi kelas 6B dari Sekolah Dasar Negeri 4 Ujan Mas mengatakan, dirinya ikut merasa bangga dengan adanya program Adiwiyata.

“Saya bangga dengan program Adiwiyata yang dapat membawa sekolah kami mendapatkan penghargaan Adiwiyata di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi dengan meraih peringkat 3,” jelasnya.

Laporan : Beben

Komentar

BACA JUGA