oleh

Banjir Kerap Terjadi, Lurah Mangga Besar Ajukan Normalisasi Sungai dan Pelebaran Gorong-Gorong di Bawah Rel Kereta Api

monopolisumselnews| Prabumulih – Warga di Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih di resahkan dengan datangnya banjir dadakan pada saat musim hujan seperti sekrang ini.

Faktor utama penyebab Banjir tersebut disinyalir di akibatkan oleh pedangkalan sungai (Sungai Jambat Akar) di wilayah setempat, serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai dan di perparah dengan kecilnya Gorong-gorong yang berada di bawah Rel Kereta Api yang terletak di depan Eks Polsek Prabumulih Timur.

Ahmad Yani selaku Lurah Kelurahan Mangga Besar mengatakan, untuk mengatasi hal itu pihaknya akan berkordinasi dengan pihak pemerintah Kota Prabumulih dan melakukan pengajuan normalisasi sungai setempat.

# Baca Juga :  Pendampingan dan Pengawalan Penggunaan Dana Penanggulangan Covid-19, Pemkot Prabumulih MOU dengan Kejari dan Polres Prabumulih

“Memang sungai itu sudah dangkal, serta dinding sungai sudah banyak yang rusak, itu penyebab banjir di sini ketika musim hujan. Dan sayangnya juga masyarakat di sini belum banyak mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan, padahal sosialisasi tentang itu sudah terus kita gerakkan ke masyarakat,” ungkapnya.

Foto : banjir di kawasan Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Ia menilai, penyebab banjir juga di sokong oleh penyempitan aliran sungai di Gorong-gorong bawah Rel Kereta Api di Jalan Jendral Sudirman tepatnya di depan Eks Polsek Prabumulih timur.

“Ia Gorong-gorong itu juga salah satu faktor penyebabnya. Tapi sayangnya itu bukan wilayah kita, jadi kita akan lakukan kordinasi dulu denga pihak kelurahan di wilayah itu untuk membuat pengajuan ke Pemerintah Kota Prabumulih untuk pengajuan membesarkan lagi Gorong-gorong itu,”

“Jika Sungai di sini sudah di normalisasikan dan gorong-gorong itu di besarkan, saya kira tidak ada lagi masalah banjir di sini. Tapi yang jadi kendala besar itu untuk melebarkan gorong-gorong di situ karena bersangkutan dengan pihak PT KAI, karena letaknya di bawah Rel Kereta Api,” ungkapnya.

# Baca Juga :  Hari Pertama Tes SKD CPNS Prabumulih, Peserta Hanya di Wajibkan Bawa KTP dan Kartu Peserta

Sementara itu, Sutarno SE selaku ketua DPRD Kota Prabumulih saat di konfirmasi prihal itu, dirinya akan memanggil pihak Kelurahan untuk memperjelas penyebab banjir tersebut.

“Kita lihat indikasinya dulu. Jika sudah jelas penyebab utamanya banjir bersumber dari gorong-gorong itu, nanti kita Surati pihak PT KAI,” katanya.

Disamping itu juga, Sutarno menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Untuk masyarakat di sana, janganlah buang sampah sembarangan. Seharusnya kebersihan sungai itu tanggung jawab kita bersama. Kan manfaatnya kita juga yang dapatkan,” pungkasya.

Komentar

BACA JUGA