oleh

Antrian Elektronik Permudah Peserta Akses Layanan Kesehatan

-PRABUMULIH-70 views

monopolisumselnews| Prabumulih – BPJS Kesehatan telah mengembangkan aplikasi antrian elektronik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Aplikasi antrian elektronik ini bertujuan untuk mempermudah peserta dan mengurai antrian FKTP sehingga peserta tidak perlu mengantri lama.

Untuk menggunakan sistem antrian elektronik tersebut peserta harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu dan melakukan registrasi. Setelah masuk aplikasi Mobile JKN peserta dapat memilih menu pelayanan pada tampilan utama. Dalam menu pelayanan tersebut terdapat beberapa fitur yang terdiri dari fitur riwayat pelayanan, fitur pendaftaran pelayanan, fitur skrining. Kemudian peserta dapat memilih fitur pendaftaran pelayanan. Setelah melakukan pendaftaran pelayanan, peserta akan mendapatkan nomor antrian dan estimasi waktu pelayanan. Untuk sementara fitur ini dapat digunakan apabila FKTP tempat peserta terdaftar telah menerapkan sistem antrian elektronik.

# Baca Juga :  Lagi Nongkrong Sambil Bawa Sajam, Pria Ini Bakal Jalani Hari Raya di Penjara

Salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sudah menggunakan aplikasi antrian elektronik ini adalah dr. Ade Nur Ikhlas .

“Kami menerapkan sistem elektronik ini karena ingin meningkatkan pelayanan pada pasien terutama pasien yang gak mau nunggu lama di FKTP. Dengan sistem antrian elektronik ini pasien lebih terarah, dan ini bentuk komitmen kami,” ujar dr. Ade.
Kepala Cabang Prabumulih Yunita Ibnu, mengatakan bahwa selama ini terdapat beberapa peserta yang datang ke FKTP tidak mendapat kepastian waktu kapan akan dilayani, sehingga waktu yang dimiliki peserta terbuang sia-sia untuk menunggu. Dengan adanya sistem antrian elektronik ini nantinya peserta dapat mengetahui perkiraan waktu pelayanan, sehingga peserta tidak perlu menunggu lama di FKTP dan dapat datang sesuai giliran layanan. Sistem antrian elektronik melalui aplikasi Mobile JKN ini merupakan solusi untuk mengatasi antrian peserta yang menumpuk di FKTP.

# Baca Juga :  Percayakan JKN-KIS untuk Lindungi Keluarga

“Sistem antrian elektronik merupakan salah satu manfaat yang diberikan oleh aplikasi Mobile JKN yaitu kemudahan untuk mendapatkan pelayanan di FKTP. Di samping itu Mobile JKN juga memberikan banyak manfaat lainnya seperti kemudahan untuk mendaftar dan merubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta keluarga, kemudahan melakukan pembayaran iuran peserta, serta kemudahan menyampaikan keluhan, pertanyaan dan jawaban,” ujar Yunita

Komentar

BACA JUGA