oleh

Pelaku Pencurian Rumah Mewah di Prabumulih Berhasil di Ringkus, 2 Pelaku Di Pelor, Dalam Aksinya Pelaku Kantongi Senpira

monopolisumselnews| Prabumulih – Pelaku pembobol rumah mewah milik Sukamdi (29), warga Jalan Dwikora III Kelurahan Cambai Kecamatan Cambai pada Jumat lalu (24/1/2020) yang menyebabkan korban kehilangan sejumlah perhiasan dan barang elektronik lainnya yang senilai Rp 53 Juta, akhirnya berhasil di ringkus Jajaran Kepolisian Polres Kota Prabumulih.

Di ketahui, Polisi berhasil mengamankan 3 pelaku dan 1 penadah yakni, Tomi Andrian (32) warga Kelurahan Talang Putri Kecamatan Plaju Ulu, Palembang, Wahyudi (45) warga Griya Muara Dua Kelurahan Muara Dua Kecamatan Prabumulih Timur, dan Irsan (33) warga Jalan Kapten Robani Kadir Kelurahan Rambutan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Sedangkan penadah barang curian yang bernama Kemas Badul Kadir merupakan warga warga Plaju, Palembang.

Tidak hanya itu, informasi yang di dapat dari pihak Kepolian, bahwa para pelaku dalam satu minggu terakhir sudah membobol beberapa rumah di Kota Prabumulih.

# Baca Juga :  5 Konsep Rancangan Polres Prabumulih Terkait PSBB yang Bakal Berlangsung

Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudarmaya SIk MH didampingi Kasat Reskrim AKP Abdul Rahman serta Kapolsek Cambai Ipda Bratanata mengatakan ke 3 pelaku di ringkus di daerah Perumahan Griya Muara Dua Sejahtera Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Rabu (29/01/2020).

“Pada saat hendak di tangkap, para pelaku sempat melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri sehingga membuat petugas menembak 2 di antara pelaku,” ungkap Kapolres saat Pers Rilis di Kantor Polres Prabumulih, Kamis (30/01/2019).

Saat di lakukan introgasi, Para pelaku mengakui melakulan aksi pencurian tersebut berjumlah 4 orang dan menjualkan barang hasil curian tersebut ke Kemas Badul Kadir.

“Saat ini petugas masih mengejar 1 lagi tersangka yang bernama Bary (DPO),” kata dia.

Kapolres juga menjelaskan, saat melakukan aksinya para pelaku selalu membawa Senjata Api Rakitan (Senpira) beserta alat-alat lain untuk melakukan pembobolan rumah.

“Petugas juga berhasil mengamankan Senpira beserta amunisi dari salah satu tangan pelaku. Dan memang para pelaku ini Spesialis Bobol Rumah mewah dan para tersangka mempunyai peranan masing-masing,” katanya.

Sementara, salah satu tersangka yang bernama Tomi mengatakan, dalam beraksi mereka mempunyai peran masing-masing. Untuk mencari target rumah yang akan dibongkar butuh waktu 4 hari pengintaian. Untuk aksi pencurian di kota Prabumulih sudah sebanyak 3 kali.

“Bongkar ruko di Padat Karya kami juga. Nah, untuk pencurian di Cambai, emasnya kami jual kepenadah dan dapat uang Rp 14 juta. Uangnya kami bagi rata. Dalam beraksi menggunakan senjata api rakitan,” ungkapnya seraya mengatakan senpi dibeli diwilayah OKI seharga Rp 2 juta.

# Baca Juga :  Kembali menoreh Prestasi, Polres Prabumulih di ganjar Penghargaan dari Polda Sumsel

Akibat dari perbuatannya, para pelaku bakal di jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, dan di antara pelaku bakal di kenakan pasal berlapis dengan pasal 1 ayat 1 undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api secara ilegal, serta para pelaku saat ini sudah mendekam di Polres Prabumulih guna penyidikan lebih lanjut.

Komentar

BACA JUGA