oleh

Alasan Ekonomi Sudah Meningkat, Ibu di Kelurahan GIB Undurkan Diri Dari Manfaat Penerima PKH

monopolisumselnews| Prabumulih – Seorang ibu rumah tangga di Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Kecamatan Prabumuluh Timur, Kota Prabumulih mengundurkan diri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Di ketahui, warga yang mengundurkan diri dari bantuan pemerintah untuk masyarakat kurang mampu itu bernama Ulandari, warga Jalan Semeru RT 03 RW 03 Kelerahan Gunung Ibul Barat (GIB).

Pengunduran diri itu bukan tanpa alasan. Warga tersebut merasa tidak lagi berhak untuk mendapatkan bantuan itu, karena masih banyak keluarga lain yang lebih membutuhkan.

Lurah Gung Ibul Barat (GIB) Joko Arif Trianto saat di konfirmasi oleh media ini membenarkan prihal tersebut, bahwa salah satu warga GIB telah mengunduran diri dari Program Penerima PKH.

“Setelah beberapa bulan di tempel stiker PKH, kami dari Keluran GIB menyambangi satu persatu penerima PKH yang mungkin taraf Ekonominya dinilai sudah mengalami peningkatan. Setelah itu kami berikan edukasi-edukasi prihal itu,” ungkap Arif yang di dampingi Reza Hekta selaku Pendamping PKH GIB, Senin (03/02/2020).

Menurut dia, jika PKH ini tanpa kuota atau jatah mungkin masyarakat di Kelurahan GIB yang di nilai sedikit kurang mampu akan di ajukan agar mendapat bantuan tersebut.

“Kepengennya sih warga di sini seluruhnya mendapatkan PKH, tapi karena kuotanya terbatas jadi kita memang harus selektif untuk mengajukan yang memang benar-benar layak. Dan setelah melakukan edukasi ke beberapa rumah yang mendapatkan program PKH dan di nilai ekonominya sudah meningkat, akhirnya mereka sanggup untuk melepaskan program itu untuk di berikan kepada masyarakat lain yang lebih layak, salah satunya ibu Ulandari ini yang mengundurkan diri,” ucapnya.

# Baca Juga :  Walaupun Dapat Bantuan PKH, BNPT atau BLT, Warga Prabumulih yang Kurang Mampu Tetap Dapat Bantuan Sembako Dari Pemkot Prabumulih

Dirinya juga mengatakan, data PKH ini berasal dari data lama mulai tahun 2013 sampai 2017, dan selama itu juga ada penerima manfaat PKH sudah ada yang bisa dikatakan ekonominya meningkat.

“Kami hanya bisa memberi edukasi dan mengusulkan, selebihnya verifikasi layak mendapat atau tidak itu dari Dinas Sosial melalui pendamping PKH. Kalau bisa semua dapat, tapi yah itu tadi semua di verifikasi oleh petugas kementrian sosial. Dan kami sangat apresiasi penerima yang iklas mengundurkan diri secara mandiri,” pungkasnya.

Sementara, Ibu ulandiri selaku penerima manfaat PKH yang mengundurkan diri mengucapkan terima kasih kepada pemerintah selama ini sudah diberi program PKH kepada keluarganya.

“Saya berharap kedepannya yang menerima penggantinya bisa lebih maju Ekonominya,” harapnya.

Komentar

BACA JUGA