oleh

Heri Amalindo Ajak Masyarakat Lestarikan Kesenian dengan Bersenjang

monopolisumselnews| PALI – Kesenian Senjang merupakan seni bertutur kata dengan irama yang keberadaannya mulai ditinggalkan oleh masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kamis malam (06/02/2020).

Dalam sambutannya Bupati Kabuapten PALI H Heri Amalindo menyampaikan, bahwa kesenian senjang sudah mulai terkikis seiring kemajuan arus globalisasi, melalui perlombaan ini diharapkan masyarakat kita dapat melestarikan warisan budaya yang ada di Kabuapten PALI.

“Kita melihat budaya senjang sudah mulai dilupakan. Senjang adalah seni bertutur masyarakat dalam menyampaikan hal-hal tertentu dengan sikap yang santun”, ujar Bupati.

Kata-kata sedemikian rupa dengan gaya bertutur indah dan sopan, sehingga enak didengar. Memang ber senjang tidaklah muda, namun hal ini mengandung nilai-nilai positif, patut kita lestarikan dan mengenalkan warisan budaya Kabupaten PALI ke daerah luar, terang Heri.

Heri Amalindo juga mengajak masyarakat Kabupaten PALI, untuk membangkitkan kembali budaya senjang, karena kesenian senjang salah satu seni yang cepat mengenalkan Kabuapten PALI ke daerah luar.

Untuk membangkitkan kembali budaya senjang, insayaallah pada bulan April nanti, juga bertepatan di hari jadi Kabupaten PALI kesenian senjang kita adakan lagi, sambung Bupati Pali.

Selaku ketua panitia pelaksana Fauzi Ahmad mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati PALI, dimana telah mensuport kegiatan ini dan bersama-sama melestarikan kesenian daerah.

“Terimakasih pak Bupati yang telah mensuport kegiatan yang baik ini hingga dapat terlaksana, mengingat kesenian senjang telah lama pudar di Kabupaten PALI. Adapun peserta terdiri dari Lima Kecamatan, dimana diikuti sebanyak 71 orang pesrta per – orangan dan 10 orang peserta berpasangan,” ujar Fauzi Ahmad. (ADV)

Laporan : Wardani

# Baca Juga :  Peringati Bulan K3, PT Titis Sampurna Adakan Giat Donor Darah dan Pengobatan Massal Untuk Masyarakat

Komentar

BACA JUGA