oleh

Pinggiran Sungai Terus Alami Abrasi, Warga Takutkan Jembatan Gantung Desa Tanjung Serian Akan Roboh, Pemdes Ajukan Proposal ke PUPR Muara Enim

-MUARA ENIM-119 views

monopolisumselnews| Muara Enim – Untuk menjaga roda perekonomian masyarakat desa terus berjalan dengan baik, pihak Pemerintah Desa Tanjung Serian, Kabupaten Muara Enim bakal mengajukan perbaikan pembagunan beronjong demi menjaga ketahanan Jembatan Gantung di desanya.

Hal itu di katakan oleh Kepala Desa Tanjung Serian Jhon Apriadi, setelah melakukan pengecekan lokasi jembatan gantung yang menjadi akses utama untuk menuju ke perkebunan warga yang memang pondasinya sudah di bibir sungai.

“Jika ini di biarkan, pondasi Jembatan Gantung yang terletak di atas Sungai Lematang ini akan roboh karena tanah penahan di sini terus menerus mengalami Abrasi akibat tergerus air sungai. Untuk itu kita akan segera mengajukan Proposal kepada pihak PUPR Kabupaten Muara Enim terkait pembagunan beronjong demi menjaga ketahanan Jembatan Gantung ini,” ungkapnya, Jum’at (07/2/2020).

# Baca Juga :  Desa Tanjung Serian Kecamatan Muar Enim dapatkan KADES baru

Jhon menjelaskan, jika saat ini sudah memasuki musim hujan dengan intensitas tinggi, maka banjir kiriman dari daerah Kabupaten Lahat dan Tanjung Enim akan meluap di sungai lematang, yang di khawatirkan akan memperparah Abrasi pinggiran sungai sehinga berdampak kepada Jembatan Gantung.

“Jembatan gantung ini adalah akses utama bagi petani di desa ini untuk pergi ke kebun, untuk itu kita harus menjaga jembatan gantung ini agar tetap kuat. Jika tidak, perputaran ekonimi masyarakat di sini akan ikut terganggu,” jelas Keapala Desa yang belum lama di lantik itu.

Sementara itu, Really (35) salah satu petani di desa itu berharap kepada Pemerinta Kabupaten Muara Enim agar dapat segera mengatasi tanah yang terbawa oleh arus sungai lematang yang akan berdampak pada pondasi jembatan gantung tersebut.

# Baca Juga :  Dalam Mencegah Penyebaran Mata Rantai Virus Corona (Covid-19), Ini Yang Dilakukan Pemdes Tanjung Serian

“Apabila jembatan gantung ini roboh maka akses kami para petani di desa ini akan lumpuh total, jadi kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk segera bertindak,” tegas Really.

Laporan : Beben

Komentar

BACA JUGA