oleh

Untuk Meminimalisir Dampak Bencana, Sat-Pol PP dan Damkar Prabumulih adakan Sosialisasi Penanggulangan Bencana Kepada Anggota Linmas, RT dan RW

monopolisumselnews| Prabumulih – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (PBK), dan Penyelamatan melalui Bidang PBK dan Penyelamatan, mengelar sosialisasi Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana kepada Anggota Linmas, sekecamatan di Prabumulih.

Acara yang di hadiri oleh Asisten III H.M.Rasyid, S.Ag.MM, Kasat Pol PP Prabumulih Hartono, SE, M.Si, anggota Damkar dan masyarakat. dipusatkan di Gedung Kesenian Rumah Dinas (Rumdin) Walikota, Selasa (11/02/2020).

Dalam pidatonya, Asisten III, HM Rasyid SAg MM berpesan, agar mengutamakan pentingnya kordinasi dalam penanganan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

“Kalau kordinasi cepat, jelas penanganan pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana alam akan cepat pula,” jelas Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) itu.

# Baca Juga :  Nekat Curi Eceran Pipa, Tiga Warga Desa Kemang Tanduk di Ringkus, Korban Sempat Lapor Kades

Setelah kordinasi, pesan Rasyid, barulah terkait sarana dan prasarana pendukungnya.

“Salah satunya, kita sarankan agar PBK memiliki Call Center. Untuk memudahkan masyarakat melapor, jika terjadi kebakaran dan juga bencana di Prabumulih. Nomor Call Center itu, harus diketahui Linmas, Ketua RT/RW, dan lainnya,” sebutnya.

Lanjutnya, sosialisasi ini hanya teori. Sedangkan, teknisnya akan diberikan nara sumber berpengalaman di bidangnya.

“Kita harapkan, bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi para Anggota Linmas dan Ketua RT/RW,” bebernya.

Sementara itu, Kasatpol PP, PBK, dan Penyelamatan, Hartono SE MSi mengatakan, tujuan dari kegiatannitu adalah meningkatkan peran dan keikutsertaan masyarakat dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam di Kota Prabumulih.

“Lewat sosialisasi ini, bisa meningkatkan peran dan keikutsertaan masyarakat dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam dan di ikuti oleh sekitar 50 peserta,” jelasnya.

Untuk memberikan pencerahan dalam sosialisasi ini, kata dia, menghadirkan nara sumber dari Satpol PP, PBK, dan Penyelamatan. “Selain itu juga, kita gandeng Dinkes,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA