oleh

Antisipasi Penyebaran Penyakit DBD, Pihak Kelurahan Karang Raja dan Puskesmas Delinom Lakukan Jumat Bersih dan Sosilasisi Penyebaran DBD

monopolisumselnews| Prabumulih – Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pihak Kelurahan Karang Raja berkerja sama dengan pihak UPTD Puskesmas Delinom Kelurahan Karang Raja melakukan Jum’at bersih bersama masyarakat.

Kegiatan Gotong-royong yang kali ini di fokuskan di Jalan Sepatu, RT 01 RW 06 tepatnya di bantaran Sungai Kelekar Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih itu di tandai dengan sosialisasi tentang penyebaran penyakit DBD dan pembagian bubuk Abate kepada masyarakat.

“Saat ini kan lagi musim-musimnya penyakit DBD, jadi kita berkerjasama dengan pihak Puskesmas Delinom untk melakukan sosialisasi, serta gotong-royong untuk membersihkan pinggiran sungai kelekar dari rumput liar dan sampah, yang di duga menjadi tempat bersarangnya nyamuk penyebab penyakit DBD,” ungkap Gunawan Novindra selaku Lurah Kelurahan Karang Raja yang di dampingi oleh Kepala Puskesmas Delinom H Nopri Nain SST MSi.

Masyarakat gotong royong membersihkan rumput liar yang di curigai tempat bersarangnya nyamuk penyebab DBD.

Menurut dia, dengan di lakukan Gotong-royong tersebut, tidak hanya membuat lingkungan di wilayah itu menjadi bersih, tetapi juga dapat menjauhkan masyarakat dari penyebab penyakit DBD.

“Penyakit DBD berasal dari nyamuk, yang bersarang di tempat-tempat lembab seperti ini, dan di sini juga banyak kaleng-kaleng bekas yang di takutkan menjadi tempat jentik-jentik nyamuk penyebab DBD hidup, maka dari itu kita membersihkan tempat ini, serta mengedukasi masyarakat di sini agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di lingkungan halaman rumah masing-masing,” ungkapnya.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Karang Raja Delinom H Nopri Nain SST MSi mengatakan, saat ini sudah memasuki musim hujan yang berdampak pada banyaknya genangan air sehingga menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mungkin menyebabkan terjadinya peningkatan kasus DBD di Kota Prabumulih.

# Baca Juga :  Viral, Video Gadis Cilik Ingatkan Masyarakat Tentang Pentingnya Mencuci Tangan Dengan Benar dan Selalu Menjaga Protokol Kesehatan

Untuk itu, pihak Puskesmas menghimbau kepada seluruh masyarakat, terutama kepada masyarakat di Kelurahan Karang Raja untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) serta memberikan bubuk Abate di tempat-tempat yang tergenang air.

“Sebenarnya untuk mencegah penyakit DBD adalah kesadaran masyarakat itu sendiri untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, salah satunya ini melakukan gotong-royong membersihkan tempat-tempat yang di curigai menjadi tempat bersarangnya nyamuk, apalagi di lingkungan dekat rumah kita, karena Fuging bukanlah solusi untuk mencegah penyakit ini. Dan untuk bubuk Abate kita sudah membagikan ke RT dan RW setempat, serta apabila masyarakat memerlukan itu bisa di ambil ke Puskesmas Delinom karena di sana sudah kita siapkan,” ungkapnya.

Komentar

BACA JUGA