oleh

Mengejutkan, Elfin Sebut PLT Bupati Muara Enim Juarsyah Diduga Terima Fee Proyek Sebesar 2,5 Miliyar Rupiah Dalam Lanjutan Sidang Suap Ahmad Yani

monopolisumselnews| Palembang – Sidang lanjutan kasus suap OTT atas terdakwa Bupati muaraenim non aktif Ahmad Yani terus bergulir di pengadilan tinggi Tipikor Palembang, Selasa (10/03/2020).

Sidang tersebut yang dihadirkan empat orang saksi yaitu Elfin Muchtar, Ilham Sudiono, Brory dan Jenifer staf keuangan indo paser beton.

Elfin sebagai saksi sekaligus sebagai terdakwa dugaan suap Dinas PUPR Muara Enim, bicara detail mengenai keterlibatan dirinya dan Ahmad Yani selaku terdakwa dalam kasus ini yang digelar di persidangan.

# Baca Juga :  Plt. Bupati Tetapkan Status Siaga Bencana dan Siapkan 8 Posko Siaga Hadapi Karhutla

Elfin menyebutkan atas kesaksiannya di dalam persidangan, bahwa pembagian di proyek dari saudara Robbi, ditunjukkan untuk Ahmad Yani yang saat itu menjabat sebagai bupati Muara Enim, untuk kepala dinas PUPR saat itu, dan untuk ketua beserta angota DPRD Muara Enim.

Mengejutkan, satu nama lagi yang juga disebut Elfin yang di duga menerima bagian dari fee proyek yang di berikan oleh Robbi adalah Juarsyah, yang saat itu menjabat sebagai wakil Bupati Muara Enim dan sekarang menjabat sebagai PLT bupati Muara Enim.

# Baca Juga :  KPK akan menentukan status hukum terkait OTT dan Dugaan suap Proyek yang membawa nama Bupati Muar Enim

Ia mengatakan, uang untuk Juarsyah itu diberikan ketika sebagian untuk angota DPRD Muara Enim menolak uang fee dari Robbi, selanjutnya uang tersebut di duga dialokasikan kepada Juarsyah, ungkap Elfin di hadapan majelis hakim Tipikor.

“Jadi uang yang tidak diterima oleh sejumlah anggota DPRD Muara Enim dikasihkan ke Wabup Muara Enim saat itu, Juarsyah, yang merupakan perintah Bupati (Ahmad Yani) yang mulia,” jelas Elfin di depan Hakim.

Elfin mengatakan fee Proyek yang diduga di terima oleh Juarsyah sebanyak 2,5 Miliyar namun uang tersebut diberikan secara bertahap, dengan lima kali pemberian yakni Rp.200 juta di bulan januari, Rp.300 juta di januari dan Rp.1 Miliyar pada januari juga.

“Sebelum Pak Bupati Ahmad Yani berangkat ketana suci mekah ( Haji ) diberikan juga senilai Rp 300 juta dan mendekati hari raya ldul adha Rp 700 juta jadi total Juarsyah mendapatkan senilai 2,5 Miliyar yang mulia,” jelasnya.

# Baca Juga :  KPK Resmi Menetapkan Bupati Muara Enim Sebagai Tersangka Kasus Suap Proyek

Sementara itu Ilham Sudiono ( Ketua pokja ) dalam keterangannya sebagai saksi persidangan mengaku telah mengembalikan uang 1,5 Miliyar ke KPK dan bukti kwitansi pengambilan di tunjukan di hadapan majelis hakim saat di tanya jaksa penuntut umum Budi Nugraha.

Sidang ini dipimpin langsung oleh hakim ketua Erna Suharti, angota Abu Hanifah dan Junaidah yang bertindak sebagai jaksa penuntut umum dari KPK Budi Nugraha, Roy Riyadi dan M. Ridwan di pengadilan tinggi tipikor palembang.

Laporan : Beben
Sumber : Jurnalfaktual.id
Link       : https://jurnalfaktual.id/berita/elfin-sebut-juarsah-terima-fee-proyek-25-m-dalam-kesaksiannya-pada-lanjutan-sidang-suap-ahmad-yani/

Komentar

BACA JUGA