oleh

Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Rutan Prabumulih, 89 Warga Binaan di Asimilasi

-PRABUMULIH-123 views

monopolisumselnews| Prabumulih – Puluhan orang Warga Binaan Pemasyarakatan (Narapidana) Rumah Tahanan Kelas II B Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya bernapas lega setelah resmi dikeluarkan dalam rangka Asimilasi (Pembebasan dalam pengawasan, Red) setelah rutan mengafirmasi persyaratan mereka.

Kepala Rutan Kelas IIB Prabumulih Reza Meydiansyah Purnama menyebutkan, warga binaan yang sudah memenuhi syarat sebanyak 89 orang, dan 6 orang di antaranya merupakan narapidana anak.

“Sebanyak 89 warga binaan sudah memenuhi syarat 2/3 masa tahanan dan syarat lainnya. Mereka akan dikeluarkan hari ini hingga 7 april mendatang untuk menjalani asimilasi rumah (di kediaman masing-masing). Itu sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19,” kata Reza saat di bincangi awak media, Kamis (02/04/2020).

# Baca Juga :  Modal Uang Rp 500 Ribu, Pria Ini Tega Cabuli Anak di Bawah Umur

Reza menerangkan, selama proses asimilasi rumah ini, warga binaan tersebut akan dibimbing dan diawasi langsung oleh petugas Balai Pemasyarakatan (Bapas) Sumsel.

“Jadi selama menjalani asimilasi rumah, para warga binaan masih terus di awasi oleh Bapas,” imbuhnya.

Hal itu di sebutkan Reza merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No.M.HH-19 PK.01.04.04 Tahun 2020 dan SK Dirjen PAS Nomor : PAS-497.PK.01.04.04 Tahun 2020, tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

# Baca Juga :  Peduli dan Mendukung Kinerja Jurnalis, PT Pertamina EP Asset 2 Berikan Bantuan Sembako ke PWI Prabumulih

Sementara itu, salah satu warga binaan, Diana sangat senang dan berterimakasih setelah dinyatakan mencukupi persyaratan oleh pihak Rutan untuk mendapatkan Asimilasi ini.

“Saya sangat senang mendapatkan asimilasi ini, karena tidak pernah menyangka sebelumnya bisa keluar dari penjara lebih cepat dari yang diperkirakan. Dan saya berjanji setelah ini tidak akan melakukan kesalahan lagi” kata dia.

Komentar

BACA JUGA