oleh

Kebijakan Presiden Membebaskan Tagihan Listrik Selama Tiga Bulan Berlaku Juga di Kota Prabumulih, Berikut Mekanisme dan Cara Mendapatkannya

monopolisumselnews| Prabumulih – Dampak dari mewabahnya Virus Corona (Covid-19) tidak hanya mengganggu kesehatan manusia.

Namun dampak nyata dari virus ini juga mengganggu kesehatan perekonomian di seluruh dunia, tak terkecuali perekonomian di indonesia.

Untuk itu, sejumlah kebijakan di tempuh oleh Pemerintah Pusat untuk meringankan beban masyarakat, salah satunya kebijakan untuk membebaskan tagihan listrik selama tiga bulan untuk penggunaan daya 450 VA.

Tidak hanya itu, pelanggan listrik berdaya 900 VA juga akan mendapatkan subsidi berupa potongan harga sebesar 50 persen untuk jangka waktu yang sama.

Kebijakan tersebut juga berlaku untuk warga Kota Prabumulih yang mempunyai listrik berdaya 450 VA dan 900 VA yang bersubsidi.

“Untuk di Kota Prabumulih, kebijak tersebut sudah berlaku. Atinya, pelanggan yang pempunyai listrik berdaya 450 VA di geratiskan selama 3 bulan, dan pelanggan yang pempunyai listrik berdaya 900 VA yang bersubsidi hanya membayar separuh,”

“Semua tu berlaku di bulan April, Mei, dan Juni 2020. Sedangkan pelanggan yang pempunyai listrik berdaya 900 VA non subsidi pembayarannya tetap normal,” ungkap Managel ULP PLN Sumardi saaat di konfirmasi media ini, Jumat (03/04/2020).

Untuk memperolehnya, Sumardi menerangkan bahwa pelanggan harus mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id

Dengan ID tersebut lanjut Sumardi, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk Pelanggan 450 VA dan sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan 900VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk nekanismenya melalui website, pelanggan bisa mengikuti cara ini.

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
# Baca Juga :  Simak Video : Ekonomi Kerakyatan dan Aman COVID -19 di Sektor Pasar Tradisional Kota Prabumulih

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

“Tata cara tersebut berlaku untuk semua pelanggan yang mempunyai listrik berdaya 450 VA maupun pelanggan yang mempunyai listrik berdaya 900 VA yang bersubsidi,” Jelas Sumardi.

Komentar

BACA JUGA