oleh

Rasa Cemas Melanda Masyarakat Prabumulih, Berikut 6 Cara Mengatasi Cemas Berlebihan di Tengah Wabah Covid-19, Ingat !! Cemas Berlebihan Bisa Membuat Sistem Imun Kalian Turun

monopolisumselnews| Prabumulih – Rasa cemas, khawatir, dan merasa parno dirasakan banyak orang. Bukan tanpa alasan, mengingat saat ini wabah virus Corona atau COVID-19 membuat banyak orang menjadi begitu khawatir.

Apa lagi setelah di tetapkannya Kota Prabumulih sebagai Zona Merah oleh Gugus Tugas Covid-19 Pusat dan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumsel belum lama ini.

Padahal, Langkah-langkah jitu sudah di tempuh oleh Pemerintah Kota Prabumulih untuk memberikan rasa aman kepada masyarakatnya.

Namun, rasa cemas tersebut memang tidak bisa disalahkan, pasalnya berbagai informasi yang diterima membuat sebagian orang begitu waspada hingga menyebabkan rasa takut berlebihan.

Pada dasarnya, rasa cemas berlebihan terhadap sesuatu berdampak kurang baik bagi kesehatan, khususnya kesehatan mental seseorang.

Ketika kamu merasa cemas dan takut berlebihan, maka imun tubuh akan turun sehingga tubuh menajdi lebih mudah terserang penyakit.

# Baca Juga :  Berikut Tiga Faktor Suksesnya Prabumulih Keluar dari Zona Merah

Dilansir dari brilio.net dari liputan6.com, Ketua Pusat Krisis Universitas Indonesia Dicky Palupessy menjelaskan, Panic Buying muncul dilatarbelakangi kecemasan adanya wabah Corona COVID-19.

Informasi yang marak beredar dan tidak jelas dapat mengarahkan seseorang menjadi Panic Buying.

“Wabah virus Corona membuat orang-orang jadi cemas. Misalnya, karena informasi yang tidak jelas dan tertutup,” jelas Dicky seperti dilansir dari liputan6.com.

Lalu bagaimana caranya agar rasa cemas bisa teratasi? Berikut beberapa caranya.

1. Tidak membaca atau melihat berita untuk sementara.

Foto : Referensi Google

Sekarang ini memang berita sedang gencar-gencarnya mengenai COVID-19. Jika kamu merasa lelah dengan semua informasi yang disuguhkan, kamu bisa beristirahat sejenak dari semua informasi tersebut.

Cari kesibukan lain, misalnya dengan menonton film-film pilihan, membaca buku dan lainnya. Hal ini akan membuat kamu lebih rileks dan tidak perlu memikirkan hal-hal yang membuat kamu takut.

2. Fokus pada aktivitas pencegahan.

Foto : Referensi Google

Kamu boleh panik, namun ingat mencegah lebih baik dari pada memikirkan hal-hal yang mengerikan. Lakukan apa yang dianjurkan, misalnya dengan rajin mencuci tangan, rajin ganti pakaian usai bepergian, membersihkan rumah, istirahat cukup, konsumsi makan-makanan yang sehat, dan aktivitas lainnya.

Aktivitas itu tentunya sangat membantu dunia dalam mengatasi penyebaran virus Corona. Kamu juga perlu patuh pada aturan pemerintah, percayalah itu yang terbaik untuk kondisi sekarang ini.

3. Batasi koneksi dengan media sosial.

Foto : Referensi Google

Media sosial memang merupakan salah satu yang cukup menghibur. Terlebih selama ini kamu tidak bisa jauh dari media sosial. Namun untuk sekarang ini demi mengurangi rasa cemas berlebihan, kamu harus mengurangi terkoneksi dengan media sosial.

Banyak sekali informasi yang bertebaran di media sosial. Hal ini akan memperburuk mentalmu dan akhirnya membuat kamu menjadi tidak tenang menghadapi wabah seperti sekarang.

4. Tetap aktif bergerak.

Foto : Referensi Google

Meski sekarang ini kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti segala aktivitas terhambat. Kamu harus tetap melakukan beberapa hal agar bisa lebih terhibur dan sehat tentunya.

Misalnya saja, jika selama ini kamu tidak ada waktu untuk masak, coba sekarang luangkan waktu untuk menyiapkan beberapa menu makanan untuk keluarga atau untuk dirimu sendiri. Tetap rajin olahraga meski tidak bisa datang ke gym.

5. Tetap terhubung dengan keluarga dan teman.

Foto : Referensi Google

Sekarang ini orang memang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Segala aktivitas di luar rumah ditinggalkan untuk sementara waktu. Terkadang berada sendiri di rumah timbul rasa kangen untuk bertemu teman dan keluarga. Hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap berkomunikasi dengan mereka.

Kamu memang menghindari media sosial untuk beberapa saat, namun bukan berarti kamu tidak bisa berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Cara ini akan sangat membantu kamu agar tidak cemas terlalu berlebihan.

6. Membaca berita positif.

Foto : Ilustrasi

Jika kamu tidak ingin tertinggal informasi, kamu bisa membaca beberapa berita positif. Kamu juga bisa membaca berita-berita hiburan.

Kamu harus bisa memilah mana berita bohong dan mana berita yang bisa dipercaya. Jika hal itu kamu lakukan dengan baik, maka rasa panik berlebihan akan teratasi.

Komentar

BACA JUGA