oleh

Masyarakat Prabumulih Yang Belum Mendapatkan Bantuan Sembako, Silahkan Lapor ke Kelurahan, Berikut Penjelasannya

monopolisumselnews| Prabumulih – Bagi masyarakat Kota Prabumulih yang merasa perlu mendapatkan bantuan Sembako dari Pemerintah Kota Prabumulih di harapkan melapor ke pihak Kelurahan setempat.

Hal itu di ungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih Heriyanto saat di bincangi oleh wartawan di selah-selah kegiatannya mengontrol pendistribusian bantuan sembako di Pendopoan Rumah Dinas Walikota, Jumat (10/04/2020).

Ia mengungkapkan bahwa, mulai saat ini Pemerintah Kota sudah menyalurkan bantuan sebayak 15.000 Paket sembako untuk masyarakat tidak mampu yang terkena dampak dari Virus Covid-19 sehingga terjadi penurunan Ekonomi di tengah masyarakat.

# Baca Juga :  Rutan Prabumulih Tutup Kunjungan Idul Fitri, Digantikan Kunjungan Video Call dan Keluarga Napi Bisa Titip Baju atau Makanan Lebaran

“Jadi mulai saat ini bantuan tersebut sudah di kirim ke Kelurahan dan Desa yang ada di Kota Prabumulih, sebanyak 15.000 paket. Dalam satu paketnya berisi 20 Kg Beras, 2 Kardus Mie Instan dan 2 Botol Kecap dan itu di Kordinir oleh OPD penanggung jawab masing-masing wilayah,” ucapnya.




Heri juga menuturkan, sebanyak 15.000 paket sembako tersebut diprioritaskan untuk membantu masyarakat yang sudah terdata di Dinas Sosial Kota Prabumulih. Namun, jika masyarakat yang belum terdata di minta untuk mendaftarkan diri ke Kelurahan setempat dengan membawa KK dan KTP.

“Kami tau masih banyak masyarakat yang belum terdata tapi mereka layak untuk mendapatkan bantuan. Jadi silahkan mendaftarkan diri ke Kelurahan masing-masing dengan membawa KK dan KTP,” ucapnya.

Nantinya data pengajuan itu di serahkan oleh pihak Kelurahan ke Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang bertanggung jawab di wilayah itu untuk memperifikasinya.

# Baca Juga :  Meningkatkan mutu pelayanan, RSUD Kota Prabumulih terapkan Fasilitas kelas I di Ruang Rawat Inap Kelas III

“Setiap Kelurahan atau Desa kan ada OPD yang bertanggung jawab, misalkan di Kelurahan Karang Raja itu yang bertanggung Dinas Pendidikan atau di Kelurahan Tanjung Raman itu yang bertanggung jawab itu Dinas Tenaga Kerja. Nah merekalah yang nantinya akan memperifikasi data tersebut,”

“Nantinya para OPD inilah yang akan survei ke rumah-rumah warga yang mengajukan bantuan. Setelah dinyatakan layak menerima bantuan, barulah data itu kita kumpulkan dan baru bisa kita siapkan bantuan sembako itu,” kata dia.




 

Kedepannya, bantuan seperti ini akan lebih diperbanyak karena masih banyak warga yang membutuhkan belum terdata.

“Untuk saat ini kan 15.000 paket sembako, mungkin kedepannya nantikan bisa mencapai 20.000 lebih paket sembako, tergantung data tambahan yang mengajukan bantuan. Namun yang jelas Pemerintah Kota Prabumulih sudah menganggarkan itu,” jelasnya.

# Baca Juga :  Tanggal 25 Maret Mendatang, Pemkot Prabumulih Adakan Penyemprotan Massal Disinfektan, Ridho : Ini Agar Masyarakat Tenang

Heri juga menjelaskan bahwa, bantuan-bantuan ini akan terus diberikan oleh Pemerintah Kota Prabumulih setiap bulannya untuk masyarakat.

“Bantuan-bantuan ini kan terus di berikan setiap bulannya. Namun, tergantung dengan situasi dan kondisi. Misalnya, dampak virus ini masih merebak selama 3 bulan, jadi bantuan ini terus di berikan dalam 3 bulan kedepan. Tapi mudah-mudahan secepatnya situasi dan kondisi kembali normal,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA