oleh

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemdes Karangan Dirikan Posko Serta Rutin Semprotkan Disenfektan di Tempat Umum Hingga Terus Sosialisasikan Anjuran Pemerintah

monopolisumselnews| Prabumulih – Upaya pencegahan terhadap penularan wabah virus Corona dengan cara mendirikan Posko Penanggulangan Virus Corona Dieases (Covid -19) tidak hanya di diperbatasan antar Kota, namun pedesaan juga melakukan hal serupa.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangan, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kota Prabumulih yang juga melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 (Corona) dengan cara mendirikan Posko pemeriksaan, dalam upaya Penanggulangan penyebaran Virus Corona itu.

Posko pemeriksaan yang sudah didirikan tersebut diisi oleh Kepala Desa, melibatakan Bhabinsa, Bhabin Kamtibmas, serta seluruh Perangkat Desa setempat.

Kepala Desa Karangan Saliadi Susanto SPd menjelaskan, di posko itu setiap warga yang baru pulang dari luar daerah atau desa lain akan di wajibkan untuk mencuci tangan di memakai sabun yang sudah disiapkan.

# Baca Juga :  Langkah Awal Dongkrak Ekonomi Warga, Pemdes Karangan Adakan Pelatihan Pembuatan Tempe

“Warga yang baru pulang dari tempat lain, kita Stop terlebih dahulu dan kita anjurkan mencuci tangan yang sudah kita siapkan serta akan kita beri arahan untuk mengganti pakaian setiba di rumah. Ini adalah upaya kita memutus mata rantai penyebaran virus corona itu serta bertujuan mengedukasi masyarakat tentang berpola hidup sehat,” ungkap Saliadi saat dibincangi wartawan di selah kegiatannya membagikan bantuan semako kepada masyarakat Desa Karangan.

Ia juga menjelaskan, jika ada warganya yang mempunyai keluhan yang mungkin menjurus ke indikasi terpapar virus yang tak kasat mata itu pihaknya siap melakukan tindakan cepat.

“Kita sudah sosialisasikan warga di sini untuk cepat menghubungi saya atau perangkat desa lainnya jika ada tanda-tanda sakit yang menjurus ke indikasi terpapar virus itu. Dan nantinya kami akan membawa bidan desa untuk memeriksa. Selanjutnya akan kita bawa ke Puskesmas terdekat,”

# Baca Juga :  [BREAKING] Pemkot Prabumulih Wacanakan Besok 31 Maret Kembali Lakukan Penyemprotan Disenfektan Massal di Sepanjang Jalan Protokol

“Kita juga kan belum tau itu positif atau tidaknya terkena dampak dari virus itu, jadi kami akan berkordinasi dengan tega medis di sini dan langsung mengefakusi warga tersebut nantinya. Yang penting kita harus siap siaga,” ucapnya.

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi virus itu menyebar di Desanya, Pemerintah Desa Karangan juga selalu melakukan penyemprotan Disenfektan setiap minggunya di tempat-tempat umum dan tempat Ibadah di wilayahnya.

“Setiap hari jumat kami akan semprotkan Disenfektan ke tempat-tempat umum terutama di Masjid-Masjid di Desa ini,” terangnya.

Saliadi terus mengimbau warganya agar tidak panik terhadap situasi virus corona. Selain itu, juga mengajak seluruh warga untuk mencegah penyebaran Covid-19 mulai dari diri sendiri dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kita juga terus sosialisasikan anjuran  pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah atau desa jika tidak mendesak. Memakai masker jika keluar rumah, serta jaga jarak, Lalu jaga kesehatan dengan selalu membersihkan atau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” pungkaanya.

Komentar

BACA JUGA