oleh

Pemkot Prabumulih Tambah 1000 Lagi Alat Rapid Tes, Ridho : Ini Efektif Walaupun Akurasinya Lemah

monopolisumselnews| Prabumulih – Pemerintah Kota Prabumulih kembali menambah penyedian alat tes cepat atau (Rapid Test) sebanyak 1000 alat, yang akan tiba dalam waktu dekat.

Hal tersebut di ungkapkan Walikota Prabumulih pada saat melakukan jumpa Pers di ruang Rapat Lantai 1 Pemerintah Kota Prabumulih, Senin (11/05/2020).

“Kita sudah kembali memesan 1000 alat Rapid tes yang dalam waktu dekat ini akan sampai. Karena yang sebelumnya 2000 alat kita datangkan waktu itu, sudah hampir habis terpakai untuk melakukan proses Scrining kepada seluruh kelompok masyarakat atau petugas medis yang beresiko tertular Covid-19,” kata Ridho.

# Baca Juga :  Walikota Prabumulih Usahakan Tidak Potong Anggaran Media

Menurut Ridho, Rapid Tes juga efektif dalam memutus mata rantai Covid-19, karena dengan dilakukannya rapid tes kepada seluruh kelompok masyarakat atau petugas medis yang beresiko tertular Covid-19 atau ODP dan OTG (Orang yang kontak erat dengan pasien positif atau orang dari zona merah) akan cepat untuk ditindak lanjuti.

“Jadi orang yang sudah kita Rapid Tes dan hasilnya Positif, sudah cepat kita Isolasi dini meskipun akurasinya lemah. Karena positif di Rapid Tes, belum tentu di tes Swab positif Covid-19. Namun yang paling penting kita sudah bertindak cepat apapun hasilnya nanti,” ucap ridho.

# Baca Juga :  Pelaksanaan PSBB di Prabumulih Didukung Oleh Seluruh Element Masyarakat dan Komunitas

Orang nomor satu di Kota Prabumulih itu menerangkan bahwa, jika seseorang dua kali di lakukan rapid tes dengan hasil yang positif, barulah orang tersebut akan di lakukan Tes Swab.

“Nunggu hasil Swab kan lama, bisa sampai 10 Hari baru ada hasilnya, jadi orang tersebut sudah kita suruh isolasi mandiri atau di isolasi di RSUD. Jika tidak di isolasi orang tersebut akan berkeliaran dan bisa menularkan virus korona jika benar-benar dia Positif. Dan apabila hasilnya negatif ya alhamdulilah, yang penting kita sudah antisipasi dari dini,” terangnya.

Komentar

BACA JUGA