oleh

Hanya 16 KK yang Dapat, Bantuan BLT (DD) Desa Muara Sungai Prabumulih Disoal Warga ?

monopolisumselnews| Prabumulih – Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Sungai, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih telah menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang kurang mampu.

Meskipun sudah disalurkan, ternyata masih banyak warga yang belum tersentuh bantuan tersebut, pasalnya masih ada warga yang kurang mampu belum mendapatkan bantuan itu.

Berdasarkan dari hal tersebutlah, membuat puluhan warga setempat mendatangi Kantor Pemdes Muara Sungai, untuk mempertanyakan kejelasan bantuan untuk masyarakat yang terdampat covid-19 tersebut.

# Baca Juga :  Fase New Normal, Pemkot Prabumulih Terus Sosialisasikan Protokol Kesehatan di Pusat Keramaian

Menurut mereka, penyaluran BLT tersebut terkesan tidak merata sehingga warga sesalkan pembagian yang tidak masif bagi warga miskin itu.

Bahkan informasinya, dari ratusan Kepala Keluaraga yang berada di Desa tersebut hanya 16 Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan untuk warga yang terdampak dari Covid-19 itu.

Hal itu juga diungkapkan Holil salah satu perwakilan warga Muara Sungai yang menyayangkan kebijakan Kades Muara Sungai dalam menyalurkan dana BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang dinilai tidak merata dan tidak tepat sasaran.

“Masyarakat yang menerima BLT hanya sebanyak 16 KK, padahal yang kita ajukan 720 KK. Apalagi kita lihat yang dapat hanya sebagian yang layak, ada yanh hidupnya masuk dalam katagori mampu, artinya tidak tepat sasaran,”

“Bukankah menurut Permendes yang kita tau bahwa alokasi jumlah Dana Desa untuk BLT itu berkisar 30% lebih dari Dana Desa Muara sungai yang kurang lebih sebesar 2,2 Miliar. Tapi kenapa hanya 16 KK yang dapat, dan kami ingin kejelasan serta kami ingin bantuan tersebut sesuai dengan aturan,” ucapnya kepada media ini.

Sementara itu, Kades Muara Sungai Indar Yadi kepada media menyebutkan, berdasarkan hasil rapat, semua warga yang belum menerima BLT akan di usulkan kembali kepada pemerintah melalui Camat Cambai untuk menerima persetujuan Walikota Prabumulih.

# Baca Juga :  Hanya Gara-gara Tidak Dapat Bantuan BLT, Seorang Warga di Prabumulih Ancam Bunuh Lurah

“Kita ingin semua dapat, Jadi kita usahakan semua warga mengantongi restu dari Walikota Prabumulih,” ujarnya usai rapat.

Sebetulnya kata dia, usulan BLT telah melalui proses verifikasi yang dilakukan tim relawan yang dibekali surat kerja untuk melihat siapa saja yang berhak menerima.

“Ternyata yang berhak hanya 16 KK, dan setelah ini kita akan berkoordinasi dengan Pemkot Prabumuluh untuk prihal ini,” katanya.

Komentar

BACA JUGA