oleh

Nekat Curi Eceran Pipa, Tiga Warga Desa Kemang Tanduk di Ringkus, Korban Sempat Lapor Kades

monopolisumselnews| Prabumulih – Tiga warga Desa Kemang Tanduk Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Kota Prabumulih terpaksa mendekam di jeruji besi Polsek Rambang Kapak Tengah (RKT), Selasa lalu (30/06/2020).

Pasalnya, ketiga tersangka yang bernama Idrus Kulia (41), Efrin Yansah (31) dan Hariyadi (37) nekat mencuri pipa milik PT Jaya Tunggal Indo Perkasa, di pinggir jalan Pertamina Dusun II Desa Kemang Tanduk.

Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudaramaya SH SIk MH melalui Kapolsek RKT IPDA Budiono didampingi Kanit Reskrim Aiptu Heri Gunawan mengatakan ketiga pelaku tersebut melakukan pencurian 50 batang pipa inci SCH 40 dengan ukuran panjang 6 meter yang di cecer oleh pihak PT Jaya Tunggal Indo.

“Pipa tersebut baru di cecer oleh pihak PT Jaya Tunggal Indo pada 10 Maret 2020 sekira jam 10.00 Wib di pinggir jalan untuk di pasangkan. Namun setelah di cek kembali oleh Ade Mulyadi selaku pengawas lapangan PT Jaya Tunggal Indo, pipa tersebut sudah hilang,” ungkap Kapolsek RKT IPDA Budiono kepada wartawan, Kamis (02/07/2020).

# Baca Juga :  Keroyok Pelajar Bersama Teman-teman, Pemuda Asal Tanjung Rambang Meringkuk di Jeruji Besi

Setela merasa kehilangan, lanjut Budiono, Pihak PT melaporkan hal tersebut ke kades setempat Adi Darminto yang juga selaku selaku penanggung jawab keamanan.

“Selanjutnya pada 11 Maret 2020 Korban melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek RKT, yang menyebutkan bahwa pihak PT telah kehilangan 50 Batang pipa 4 inci dengan kerugian mencapai lbh kurang sebesar Rp. 114.000.000 dan langsung kita lakukan penyelidikan,” kata dia.

Dan pada hari Selasa 30 Juni 2020 sekira jam 18.00 Wib, Team Opsnal Polsek RKT berhasil mendapat informasi keberadaan pelaku yang baru pulang dari kebun dan langsung menuju ketempat pelaku berada.

# Baca Juga :  Masuki Era New Normal, PT Perta Samtan Gas Salurkan Bantuan APD ke RSUD Prabumulih

“Setelah mendapatkan informasi, anggota kita langsung bergerak dan berhasil meringkus ketiga pelaku tanpa perlawanan. Dan langsung membawa pelaku ke Polsek RKT untuk di tindak lanjuti,” jelasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku bakal di ancam dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian.

“Untuk barang bukti sendiri masih kita lakukan pengembangan,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA