oleh

Tukar Informasi Membangun Kawasan KWT, TP PKK Kelurahan Pati Galung Sambangi Kawasan KWT Kelurahan GIB

-KRIMINAL-136 views

monopolisumselnews| Prabumulih – Team Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Pati Galung, Kecamatan Prabumulih Barat yang di pimpin langsung oleh Lurah Pati Galung Sofyan Hadi SH mengunjungi Kawasan Lahan Kelompok Wanita Tani (KWT) ‘Swadaya’ di Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, Kamis (09/07/2020).

Kunjungan TP PKK Kelurahan Pati Galung tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi langsung tentang konsep yang di terapkan, Pengembangan dan pengelolaan di lahan KWT Swadaya Kelurahan Gunung Ibul Barat.

“Kita hari ini mengajak ibu-ibu TP PKK Kelurahan Pati Galung ke Lahan KWT Kelurahan Gunung Ibul Barat untuk bertukan informasi seputar kawasan KWT, atau istilahnya mencontoh apa yang menurut kita bagus di sini, akan kita terapkan juga di lahan KWT Kelurahan Pati Galung,” ucap Lurah Pati Galung, Sufyan Hadi SH saat di bincangi media ini.

Ia menilai, kawasan Lahan KWT Kelurahan Gung Ibul Barat sudah cukup baik untuk di jadikan contoh, karena di kawasan tersebut sudah memuhi konsef lahan pertanian namun seperti taman tempat wisata.

“Inofasi yang di terapkan di lahan KWT Kelurahan GIB ini patut kita contoh, karena gebrakan seperti ini belum ada di kelurahan lain di Kota Prabumulih. Di sini kita bisa lihat, ada budi daya ikan, ayam sayur mayur, buah, dan tanaman toga yang di tata dengan sedemikian rupa sehingga terlihat seperti tempat wisata,”

“Jadi, informasi yang kita lihat bagus di sini akan kita contoh, dan akan kita terapkan di lahan KWT di kelurahan Pati Galung. Karena dengan kita berkunjung ke sini, menset di kawasan KWT kita juga harus di rubah, karena kita lihat KWT itu bukan sekedar menanam namun juga harus terlihat seperti taman seperti yang terlihat di sini. Jadi punya daya tarik tersendiri dan bertanam juga tidak jenuh,” jelasnya.

# Baca Juga :  Jadi Penjual Togel, Kakek Tua Ini Mengaku Dapat Komisi 20% dari Bos yang Bernama YONG
TP PKk Kelurahan Pati Galung Kunjungi Kawasan KWT ‘Swadaya’ di Kelurahan Gunung Ibul Barat.

Sementara itu, Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto AMd mengucapkan terima kasih kepada Lurah Kelurahan Pati Galung beserta ibu Lurah sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Patih Galung beserta tim yang berkunjung di kawasan hatinya PKK Kelurahan Gunung Ibul Barat.

“Dengan adanya mereka berkunjung, kita bisa saling berbagi ilmu ataupun belajar bersama, karena di sini juga kita baru dibentuk dan pastinya masih banyak kekurangan. Untuk itu di sini kita berbagi informasi agar kawasan KWT di kelurahan kita masing-masing akan lebih baik lagi kedepannya,” kata pria yang lebih di kenal Arif Arnic Itu.

Ia mengatakan, Konsef Kawasan KWT di Kelurahan GIB tersebut memang terinspirasi dari sebuah taman wisata yang di terapkan ke dalam sebuah lahan pertanian.

“Jadi di sini tidak hanya menerapkan sebuah lahan pertanian, namun di sini kita juga bisa berekreasi seperti di taman pada umumnya, biarpun belum sepenuhnya, tapi kita akan terus berinovasi untuk memajukannkawasan KWT ini dan alhamdulilah kita sempat menjuarai kawasan hatinya PKK se-Kota Prabumulih,” ucapnya.

Untuk itu, suami dari Hana Monica selaku Ketua TP PKK Kelurahan GIB itu mengajak seluruh Kelurahan ataupun seluruh wilayah di Kota Prabumulih untuk dapat membentuk kelompok-kelompok tani ataupun kelompok wanita tani agar sama-sama mengaktifkan ketahanan pangan keluarga.

” Dengan penguatan ketahanan pangan dapat mensejahterakan masyarakat, untuk itu ayo kita manfaatkan lahan lahan kosong untuk bercocok tanam Sayur mayur, Tanaman Toga dan berbudiya ikan atau lain sebagainya. Manfaatnya akan kita rasakan sendiri, dengan adanya semua itu kita dapat memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari tanpa bersusah payah pergi ke pasar untuk membeli,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA