oleh

Cegah Stunting, Hana Monica Selaku Duta Stunting Berikan Gizi Tambahan Kepada Balita di Kelurahan GIB, Serta Kampanyekan Rajin ke Posyandu

monopolisumselnews| Prabumulih – Dalam upaya mencegah penyakit stunting atau dalam bahasa umumnya gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, Pemerintah maupun pihak terkait lainnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Hana Monica selaku Duta stunting di Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih, yang didampingi oleh Bidan Desa, Ketua Pokja 4 GIB, serta kader Balita, dan Posyandu GIB kembali melaksakan Sosialisasi pencegahan penyakit stunting kepada masyarakat di wilayah Kelurah GIB.

Tidak hanya itu, agar pencegahan lebih maksimal, pihaknya memberikan bantuan makanan tambahan dan obat cacing kepada Balita dari keluarga yang di rasa kurang mampu serta balita katagori BGT di wilayah tersebut.

“Untuk mencegah penyakit tersebut, kita rutin memberikan bantuan makanan tambahan bergizi kepada balita dengan beberapa katagori, dan kita juga menghimbau kepada Ibu-ibu agar memperhatikan pemberian gizi kepada anak-anaknya, serta kita juga menghimbau kepada para ibu untuk terus ke posyandu setiap bulannya.”ujar Hana Monica saat dibincangi awak media, Kamis (03/09/2020).

# Baca Juga :  Bentuk Sosialisasi Perangi Narkoba, Kelurahan GIB Tes Urin Mendadak Staf Kelurahan Maupun RT dan RW
# Baca Juga :  Heboh!, Pengunjung Stand Tamkot Prabujaya di Warnai Aksi Penganiayaan

Dikatakan istri dari Arif Arnic itu, hingga anak berusia lima tahun, ibu harus rutin membawa anaknya ke posyandu. Sebab jika tidak, dikhawatirkan tumbuh kembang anak serta pemenuhan gizinya tidak dapat terpantau dengan baik.

“Posyandu tidak hanya berkaitan dengan vaksinasi anak. Di posyandu, berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala anak akan diukur, untuk mendeteksi sejak dini jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kekurangan gizi, termasuk gagal tumbuh atau stunting,” kata ibu yang juga menjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan GIB itu.

Dalam kegiatan tersebut, ia dan pihaknya juga mensosialisasikan kepada warga tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk lebih memaksimalkan pencegahan daripada penyakit Stunting.

“Yang jelas kalau pola hidup sudah sehat, pastilah masyarakatnya jauh dari penyakit dan kami akan komitmen melakukan pencegahan stunting di wilayah Kelurahan Gunung Ibul Barat yang bekerjasama dengan Bidan Desa dan Kader Posyandu, agar pencegahan stunting menjadi massif,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA