oleh

Pengguna Aplikasi SIMMAS di Kelurahan Majasari Didominasi Pembuatan SKU

monopolisumselnews| Prabumulih – Belum genap tiga bulan sejak dilaunching, sudah ratusan masyarakat berurusan di Kelurahan Majasari melalui akses aplikasi SiMMaS (Sistem Pelayanan Masyarakat Majasari Smart).

Lurah Majasari Kecamatan Prabumulih Selatan, Inggit Damayanti SE menuturkan sudah sekitar 650 warga mengakses aplikasi SiMMaS.

“Warga makin banyak berurusan melalui aplikasi sekarang ini, ini karena kita dibantu RT RW dan anak-anak muda gencar sosialisasi,” kata Inggit.

Dari 650 kepengurusan dokumen secara online tersebut, sekitar 408 merupakan warga yang mengurus dokumen untuk keperluan Surat Keterangan Usaha (SKU).

“Karena ada banyak UMKM di Majasari, jadi banyak yang urus SKU. Selebihnya ada yang urus KTP, ahli waris, NA, serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM),” terangnya.

Nah, dari ratusan dokumen kepengurusan yang masuk kata Inggit diantaranya sudah banyak yang selesai.

# Baca Juga :  Maksimalkan CSR dan Dukung Program Pemerintah, PT Perta Samtan Gas Kembali Bedah 2 Unit Rumah, 3 Beasiswa dan Bangun Masjid

“Begitu data masuk, bagian operator langsung bekerja. Jadi begitu selesai yag bersangkutan langsung dikabari. Dan untuk paling lama 3 hari,” ucapnya.

Sejak SiMMaS dilaunching kata Inggit, jumlah pengunjung yang datang ke Kelurahan Majasari bisa diminimalisir. Sehingga tak terjadi kerumunan.

“Bisa kita bayangkan, bila dalam 1 hari saja 20 warga yang datang, akan sulit menjaga jarak dan protokol kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini, protokol kesehatan di Kelurahan Majasari berjalan dengan baik,” jelasnya.

Inggit menyampaikan, dari ratusan permohonan kepengurusan dokumen tersebut banyak pengajuan yang dibantu RT RW setempat. “Karena tidak semua memiliki android, jadi RT RW disini kami membantu,” bebernya.

Vedriansyah warga RT 6 RW 4 Kelurahan Majasari mengaku, sudah sangat sering menggunakan mengakses aplikasi SiMMaS untuk mengajukan permohonan.

“Sudah sering pakai SiMMaS, selain pakai sendiri banyak juga urus punya warga lain. Akses di web lebih mudah, dan cepat,” tukasnya.

Komentar

BACA JUGA