oleh

Memaknai Filosofi The Right Man on The Right Place, Apa Itu ?

monopolisumselnews| Ogan Ilir – Setiap orang tentunya memiliki keahlian masing-masing, Karakter yang berbeda satu dengan yang lain membuat mereka tidak bisa diseragamkan.

Ketika memasuki topik pembicaraan soal kerjasama tim, pembagian kerja berdasarkan kemampuan mereka mutlak diperlukan. Untuk mencapai tujuannya dan menghindari kesalahan pengelolaan SDM (sumber daya manusia), maka diperlukan prinsip The Right Man In The Right Place.

Dalam pengertian yang sederhana, The Right Man In The Right Place adalah menempatkan orang sesuai keahliannya. Suatu tim akan mampu bergerak lebih cepat kalau orang di dalamnya mengurusi hal-hal sesuai keahliannya.

Sesungguhnya, penerapan konsep The Right Man In The Right Place (orang yang benar ada ditempat yang benar) merupakan salah satu tujuan mewujudkan Sumber Daya Manusia yang professional. Pemilihan SDM di setiap organisasi, perusahaan, dan badan Ad Hoc tentu wajib hukumnya berdasarkan kompetensi yang dimiliki dengan filosofi “The Right Man on The Right Place/Job” yaitu mendudukan seorang yang tepat pada tempatnya atau jabatan yang tepat pula. Dengan menempatkan orang sesuai kompetensi yang dimiliki dan tempatnya akan mampu melaksanakan tugas-tugas dengan lebih baik.

Pemilihan badan Ad Hoc dalam pemilihan umum sangat perlu memakai filosofi “The Right Man on The Right Place/Job” yaitu mendudukan seorang yang tepat pada tempatnya atau jabatan yang tepat”, baik itu di tingkat Kpu Kabupaten, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS). Setiap SDM pada Ad Hoc pemilihan umum harus lah di isi orang yang benar-benar menguasai bidangnya, karena jika tidak, dapat menyebabkan kesalahan yang menyebabkan ketidaksuksesan pemilihan umum.

# Baca Juga :  Meningkatkan mutu pelayanan, RSUD Kota Prabumulih terapkan Fasilitas kelas I di Ruang Rawat Inap Kelas III

Selain itu, badan Ad Hoc juga haruslah memiliki SDM yang memprioritaskan netralitas di dalam pemilihan umum, agar situasi pemilihan umum aman dan kondusif.

Jadi Filosofi The Right Man on The Right Place/Job” yaitu mendudukkan seorang yang tepat pada tempatnya atau jabatan yang tepat pula sangat dibutuhkan di setiap organisasi dan setiap badan usaha ataupun badan ad hoc, agar terciptanya kerjasama Tim yang baik dan juga menciptakan ketepatan pada posisi setiap jabatan.

Laporan : Edi Susanto
Sumber : Dikutip Dari Berbagai Sumber

Komentar

BACA JUGA