oleh

Sekda Prabumulih Berikan Hadiah Pemenang Lomba Taman Herbal Jahe Merah Bejo dan Panen Raya Jahe Merah di Kelurahan GIB

monopolisumselnews| Prabumulih – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih Elman ST bersama Ketua TP PKK Kota Prabumulih Suryanti Ngesti Rahayu Ridhodan dan Wakil Ketua PKK Kota Prabumulih Reni Indayani Fikri Menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Taman Herbal Jahe Merah Bejo 2019-2020 yang diselenggarakan oleh PT. Bintang Toedjoe di Kota Prabumulih, Jumat (13/11/2020).

Acara yang diselenggarakan, di Lahan KWT Swadaya, Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur tersebut merupakan puncak dari pembinaan maupun penilaian dari pihak PT. Bintang Toedjoe untuk membudiyaan tanaman herbal Jahe Merah di Kota Prabumulih.

Diketahui, KWT Swadaya Kelurahan GIB menduduki juara pertama dalam perlombaan tanaman herbal jahe Merah, juara 2 dan 3 di sikat oleh KWT Karya Lestari dan KWT Bina Bersama milik Desa Karya Mulia.

Sedangkan, Juara Harapan 1 di rebut oleh KWT Grisabel Kelurahan Gunung Ibul, juara Harapan 2 di ambil oleh KWT Sungkawi Desa Sinar Rambang, serta Juara Harapan 3 di duduki oleh KWT Yellow Cosmos Kelurahan Mangga Besar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih Elman ST bersama Ketua TP PKK Kota Prabumulih Suryanti Ngesti Rahayu Ridhodan dan Wakil Ketua PKK Kota Prabumulih Reni Indayani Fikri panen raya jaheerah di KWT Swadaya.

Tidak hanya itu, dalam giat pemberian hadiah itu juga berlangsung kegiatan Panen Raya Jahe Merah Bejo di Taman Jahe merah KWT Swadaya Kelurahan Gunung Ibul Barat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih Elman ST saat di bincangi media ini, mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kota Prabumulih sangat mensuport kegiatan positif seperti ini.

Karena ia menilai, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat memotivasi warga masyarakat Kota Prabumulih untuk bisa memanfaatkan perkarangan rumah.

# Baca Juga :  Momentum Hari Sumpah Pemuda di Era Digital, Tokoh Pemuda Satu ini Mengajak Para Pemuda Kota Prabumulih Ikut Andil Dalam Mensukseskan Program Pemerintah Berbasis Online

“Sebenarnya dengan menanam tanaman herbal seperti jahe merah ini di perkarangan rumah, tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pkok keluarga terhadap jahe, tapi juga dapat meningkatkan Ekonomi masyarakat. Kenapa? Karena kita sudah bekerja sama dengan pihak PT Bintang Toedjoe, jadi pemasarannya tidak susah,” terangnya.

Untuk itu lanjut Sekda, alangka baiknya seluruhasyarakat Kota Prabumulih dapat manfaatkan perkarangan rumah sekaligus meningkatkan Ekonomi masyarakat, apalagi seperti sekarang ini ekonomi di tengah masyarakat sedang melemah akibat dari Pendemi Covid-19.

“Tanaman ini banyak manfaatnya, di samping untuk obat keluarga, juga bernilai ekonomi tinggi, ini sudah terbuki, dalam satu Polibag bisa menghasilkan 2Kg Rimpang Jahe merah, sedangkan harga dalam 1Kg bisa mencapai harga Rp 80 Ribu. Dan penanamannya pun tidak rumit, apalagi kita akan kebangkan ke Desa-desa juga,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Joko Arif Trianto Amd merasa bangga dengan pencapaian KWT Swadaya, yang berhasil meraih peringkat pertama dalam lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah di Kota Prabumulih priode 2019-2021.

“Dalam penilaian perlombaan ini tidak hanya tanaman jahe saja, namun juga penataan maupun pemanfaatan lahan kosong dan pemanfaatan perkarkarangan rumah juga di nilai. Dan alhamdulilah Kwt di Kelurahan kita keluar sebagai peringkat pertama,” katanya.

Arif menuturkan, dengan adanya perlombaan ini dapat meminimalisir lahan-lahan tidur yang ada di Kelurahan Gunung Ibul Barat.

“Efek jangka panjangnya, lahan-lahan kosong di sini bisa dimanfaatkan. Makanya kita dari awal kita sudah surati kepada masyarakat yang mempunyai lahan kosong atau lahan tidur agar bisa bekerjasama dan dapat di manfaatkan oleh pihak KWT di kelurahan GIB,”

“Manfaatnya banyak, di samping lahan kita bersih, hal itu dapat menghindarkan lahan itu dari Karhutla, dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat yang tidak pertanggung jawab, dan lain sebagainya. Kan kita hanya memanfaatkan daripada menjadi semak belukar,” bebernya.

# Baca Juga :  Bobol Rumah Curi HP, Pemuda ini Tidak Sanggup Sendirian Masuk Penjara

Kedepannya lanjut suami dari Hana Monica itu, KWT Swadaya Kelurahan GIB diharapkan menjadi Virus untuk mengajak masyarakat di Kelurahan GIB ataupun masyarakat luar agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk membudidayakan tanaman Jahe Merah.

“Karena sudah di bilang oleh Pak sekta baruran, tanaman Jahe Merah ini sangat bernilai Ekonomis untuk mendongkrak ekonomi kelurga. Dan KWT Swadaya ini kedepannya sudah siap untuk jadi pengepul, apabila masyarakat ingin memasarkan hasil panen jahe mereka,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA