oleh

4 Tahun Kepincut Dengan Keindahan Bonsai, Kades Jungai Targetkan 2021 Desa Jungai Punyai BUMDes Penjualan Tanaman Hias dan Bonsai

-PRABUMULIH-260 views

monopolisumselnews| Prabumulih – Mungkin kita semua tau, bahwa beberapa bulan belakangan ini masyarakat Kota Prabumulih khusnya kaum Adam, di landa demam Bonsai.

Bagaimana tidak, hampir semua halaman rumah warga di Kota Prabumulih terdapat tumbuhan yang di kerdilkan itu.

Menurut beberapa narasumber, tanaman Bonsai tidak hanya indah di pandang, namun juga bernilai Ekonomis, bahkan saat ini, pohon yang dinilai bagus untuk di jadikan bonsai (pohon yang baru di cabut yang belum berbentuk bonsai, red) sudah di bandrol Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah.

Untuk itulah saat ini warga berbondong-bondong berburu pohon tertentu di hutan, untuk di jadikan Bonsai.

Berbicara tentang hobi Bonsai, ada nih salah satu Kepala Desa di Kota Prabumulih yang memiliki Koleksi bonsai yang cukup membuat terpukau kaum penggila bonsai.

Ditengah kesibukannya memimpin roda Pemerintahan Desa Jungai, Kecamatan Tanjung Rambang, Kota Prabumulih, Iskandar Z selalu menyampatkan diri melakukan hobinya yaitu merawat tanaman Bonsai.

Puluhan jenis tanaman bonsai terlihat menyesaki perkarangan rumahya. Selain itu, tanaman hias berbagai jenis juga berjejer rapi diperkarangannya.

Saat dibincangi awak media, Kades 2 priode itu mengaku sudah 4 tahun belakangan ini menggemari dan merawat tanaman bonsai. Bahkan bonsai miliknya pernah mengikuti kontes bonsai di luar kota, namun sayangnya belum termasuk pemenang.

“Sebenarnya, dengan menanam bonsai seperti ini, ada keterpuasan tersendiri, jika kita bisa merawat tanaman bonsai yang tadinya belum apa-apa hingga bisa menjadi cantik. Apalagi kalau bisa ikut kontes dan bisa menang, itu pastinya ada nilai keterpuasan, karena merawat dari awal bahan bonsai hingga pohon itu menjadi cantik yang bagaimana semestinya, butuh waktu yang cukup lama, mungkin hal itu juga yang di rasakan rekan-rekan kita yang juga penghobi bonsai,” terangnya saat dibincangi media ini, Selasa (17/11/2020).

# Baca Juga :  [BREAKINGNEWS] Peristiwa Berd4rah Gegerkan Warga Jalan Bukit Lebar, Korban Diduga Warga Arimbi

Dikatakan pria yang aktif menjadi anggota dari Komunitas Bonsai Prabumulih (KBP) itu, bahwa pertama jatuh hati ke tanaman bonsai, saat melihat keindahan tanaman Bonsai yang pernah di pamerkan oleh komunitas Bonsai di Kota Prabumulih beberapa tahun yang lalu.

“Itu sekitar 4 tahun yang lalu lah, pada saat itu, anggota DPRD Kota Prabumulih Ahmad Palo memamerkan Bonsai miliknya. Saat itulah saya merasa menyukai dengan keindahan tanaman bonsai hingga saat ini. Sekarang koleksi bonsai saya ada sekitar 20 jenis tanaman, dan bonsai yang paling saya sukai itu jenis Bonsai dari pohon Sakura Mikro, dan Bonsai Pohon Anting Putri tapi yang katagori jenis ‘Bonsai Mame’ atau Bonsai kecil,” katanya.

Ia juga menjelaskan, bahwa peminat tanaman Bonsai khususnya di Desa Jungai saat ini sudah mulai ramai. Bahkan sudah banyak masyarakat di wilayah itu sengaja datang ke hutan untuk berburu bahan tanaman Bonsai.

“Di Desa ini sudah mulai ramai pengobi Bonsai, buktinya sudah banyak yang berburu bahan Bonsai di hutan. Dan dengan ramainya penghobi Bonsai disini, otomatis Ekonomi di Desa ini akan terdongkrak. Karena dengan ini sudah banyak masyarakat di sini yang berjualan Pas Bunga (Pot Kebang). Jadi selain daripada bertani, mereka dapat tambahan penghasilan dari jual bahan Bonsai dan Pas bunga itu,” ceritanya.

Lebih jauh Kakak Ipar dari salah satu Pejabat Eselon di Pemerintahan Kota Prabumulih itu menjelaskan, ia selaku Kepala Desa Jungai rencananya di tahun 2021 bakal menganggarkan anggaran dari Dana Desa (DD) untuk pembuatan taman (Depot) Bunga dan taman Bonsai di pinggiran jalan Desa di wilayah itu.

“Desa ini kan di perlintasan Jalan, jadi rencananya kita bakal anggarkan di tahun depan dengan menggunakan Dana Desa untuk pembuatan taman untuk penjualan Tanaman hias dan Bonsai, targetnya pengendara yang melintas di sini, dan itu akan menjadi salah satu BUMDes target kita, saya yakin jika hal itu terealisasi dapat mendongkrak ekonomi masyarakat di sini,” terangnya.

# Baca Juga :  PT GH EMM Indonesia Donasikan APD ke Pemkot Prabumulih

Namun yang jelas lanjutnya, bahwa pihaknya dalam waktu dekat bakal mengadakan Pameran Bonsai yang berkerjasama dengan Komunitas Bonsai Prabumulih (KBP).

“Untuk tahap awal ini, saya sudah berkordinasi dengan pihak KBP untuk mengadakan pameran blBonsai di sini, supaya peminat bonsai di wilayah ini semakin ramai. Dan saya berharap juga masyarakat antusias dengan ini,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA