oleh

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Pembudidayan Jahe Merah, Anggota KWT Kelurahan Prabumulih Sambangi KWT Swadaya Kelurahan GIB

monopolisumselnews| Prabumulih – Puluhan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Prabumulih, yang dikordinir oleh Lurah Kelurahan Prabumulih Ibu Rika Krizna SE menyambangi Kawasan Lahan Kelompok Wanita Tani (KWT) ‘Swadaya’ di Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, Rabu (18/11/2020).

Kedatangan puluhan anggota KWT yang ada di Kelurahan Prabumulih tersebut, bertujuan untuk belajar maupun bertukar informasi tentang tatacara penanaman Sayur-sayuran dan tahapan-tahapan pembudidayaan Jahe Merah maupun pembudidayaan tanaman Toga lainnya.

Lurah Kelurahan Prabumulih Rika Krizna SE menilai, dengan belajar di KWT ‘Swadaya’ Kelurahan Gunung Ibul Barat lebih efektif ketimbang belajar di daerah lain.

“Secara di sini kan sudah berhasil membudidayakan tanaman herbal Jahe Merah serta tanaman sayuran lainnya. Dan itu sudah terbukti, karena KWT di sini sudah pernah mendapatkan juara kemarin. Untuk itulah kita belajar dan sharing-sharing la di sini,”

“Dan juga untuk apa repot-repot belajar ke daerah luar, kalau di dalam Kota Prabumulih sudah ada tempat untuk belajar,” terangnya.

Diterangkan Rika, dengan adanya para ibu-ibu anggota KWT belajar di sini, setidaknya dapat menambah pemahaman atau ilmu tentang bercocok tanam, terutama bercocok tanam sayur-sayuran dan tanaman herbal.

“Progresnya para ibu-ibu ini dapat memanfaatkan perkarangan rumah untuk bercocok tanam, dan itu dapat menambah penghasilan mereka nantinya, atau paling tidak mereka tidak mengeluarkan modal untuk kebutuhan bahan pokok sayur-sayuran. Karena sudah ada tanamannya, apalagi di masa-masa seperti sekarng ini,” harapnya.

Lebih jauh Rika mengutarakan, bahwa Kelurahan Prabumulih memiliki 6 Kawasan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan semuanya aktif dalam bercocok tanam. Bahkan, ada 1 kawasan KWT di daerah tersebut dikhususkan untuk pembudidayaan tanaman Jahe Merah.

# Baca Juga :  Promosi Jabatan, Kasubsi Pelayanan Rutan Prabumulih Yusuf Kamal SH naik pangkat menjadi Kasi Binadik di Lapas Sekayu

“Jadi harapannya dengan adanya kita belajar di sini dapat menambah wawasan dan menerapkannya di wilayah kawasan KWT Kita, sehingga kawasan di KWT kita lebih baik dari sebelumya,” tutupnya.

Sementara itu, Lurah sekaligus pembina di KWT Swadaya Kelurahan Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto AMd menyambut baik kedatangan para anggota KWT di Kelurahan Prabumulih.

“Dengan begini, kita juga bisa sama-sama belajar dan sama-sama bertukar pikiran untuk majukan kawasan KWT di kelurahan kita masing-masing. Karena istilahnya orang ingin maju itu orang yang ingin belajar,”

“Namun kita di sini tidak menggurui ataupun apalah, yang penting bagi kami bisa berbagi ilmu atau informasi itu indah,” terangnya.

Dalam hal ini, Pria yang akrap di sapa Arif Arnic itu menyarankan kepada pihak KWT Kelurahan Prabumulih untuk membuat Ikon tersendiri di kawasan tersebut.

“Sebenarnya dalam hal ini, potensi daerah yang harus dikedepankan, contohnya kita di sini membangun ikon I LOVE GIB. Nah mungkin saya sarankan mereka dapat membangun rumah tanam, karena saya lihat di sana masih banyak rumah-rumah panggung yang bisa di manfaatkan untuk di jadikan rumah tanam, namun itu sebagai contoh ya,” candanya.

Lebih jauh Arif menyampaikan, bahwa pihaknya siap untuk berbagi ilmu atupun informasi kepada pihak manapun jika ingin bertanya atau setidaknya tukar informasi tentang KWT di Kelurahan GIB.

“Kami siap membantu, jika ada pihak-pihak yang ingin belajar, bertukar pikiran maupun informasi tentang perkembangan KWT,” pungkasnya.

Komentar

BACA JUGA