oleh

KPU Ogan ilir Tegaskan Kemenangan Paslon 01 Usai Rapat Pleno Tingkat Kabupaten

monopolisumselnews| Ogan Ilir – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ogan Ilir gelar rapat Pleno Rekaputulasi surat suara tingkat Kabupaten di mulai pukul 10.00 wib dan berakhir pukul 17.54 wib, Selsa (15/12/2020).

Hasil dari Rekapitulasi diketahui Paslon 01 Panca Wijaya Akbar – H Ardani meraih suara sebesar 149791 suara, sedangkan pasangan Paslon 02 HM Ilyas Panji Alam – H Endang PU Ishak mengantongi 84983 suara, dengan suara sah 234774 suara, jumlah suara tidak sah 5203 suara dan jumlah suara sah dan suara tidak sah 239977 suara.

Dari hasil rekapitulasi KPU Ogan Ilir mengesahkan paslon nomor urut 1 Panca Wijaya Akbar-Ardani sebagai pemenang Pilkada Ogan Ilir mengalahkan paslon 2, Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak.

Namun yang terjadi ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 16 Kecamatan Kabupaten Ogan Ilir (OI) saksi paslon 02 HM Ilyas Panji Alam-H Endang Putra Utama Ishak tidak bersedia menandatangani berita acara hasil rekapitulasi surat suaranya.

Sementara Ketua KPU OI Dra Massuryati mengatakan “Dengan tidak ditandatanginya hasil rekapitulasi oleh saksi Paslon 02, tidak ada masalah. Sesuai dengan PKPU no 19 tidak ada masalah, sah-sah saja bila ada saksi palson tidak mau menandatangani, blanko keberatan itu ada asal saksi memintanya kepada petugas PPS, PPK,” tungkasnya

Massuryati juga menegaskan, dengan tidak menandatangi berita acara oleh saksi palson 02 tidak bakal mempengaruhi penetapan pasangan calon terpilih atas perolehan suara terbanyak dari hasil rekapitulasi.

”Untuk penetapan pasangan calon sebagai Bupati dan wakil Bupati, kita masih harus menunggu dari Laman KPU, apakah ada gugatan paslon yang terdaftar di Mahkamah Konstitusi (MK), jadi kami masih harus menunggu register dari MK,”jelas Massuryati yang didampingi Dua anggota Komisioner KPU Rusdi dan Roby Ardiansyah.

# Baca Juga :  Meriahkan HUT PDI-P Ke-47, DPC PDI-P Kota Prabumulih Laksanakan Giat Donor Darah, Tanam Pohon dan Sebar Ikan

Lebih jauh Massuryati mengatakan, dari hasil rekapitulasi dapat diketahui, kalau partisipasi masyarakat pemilih pada Pilkada Kabupaten OI melampaui target nasional sebesar 77,5 persen , sedangkan Pilkada OI dengan masa pandemi bisa mencapai angka 83,58 persen”ungkapnya

Laporan : Edy S

Komentar

BACA JUGA