oleh

Mengenal Potensi Ekonomi Kreatif Desa yang Ada di Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir

monopolisumselnews| Ogan Ilir – Di masa pandemi covid-19 ini, seluruh kegiatan perekonomian warga yg terdampak karena pandemi covid-19 bisa di katakan melemah. Daya jual-pun menurun drastis, otomatis hal ini-pun membuat para pengrajin Pandai Besi, Tenun Songket, Emas dan Perak, Alumunium dan bongkar pasang rumah yang tersebar di desa-desa yang berada dikecamatan Tanjung Batu betul- benul merasakan kesulitan yang luar biasa karena pandemi ini.

Bersyukur, sudah ada bantuan dari pemerintah pusat dalam bentuk bantuan UMKM. Walau belum seluruhnya tersalurkan ke warga/masyarakat yang ada di desa se-Kecamatan Tanjung Batu, Ogan ilir, setidaknya ini mengurangi beban yang di rasakan warga.

Kedepanya, banyak pihak berharap kepada pemerintah daerah serta pemerintah pusat, betul-betul memperhatikan kesejahteraan rakyat.

Seperti yg kita ketahui bersama,
Desa Tanjung pinang, Tanjung laut, Limbang Jaya, 80 persen warganya adalah pengrajin pandai besi untuk pria-nya, dan perempuan-nya adalah pengrajin tenun songket yang telah me-nasional.

Desa tanjung Atap, terkenal dengan kerajinan pembuatan peralatan dapur dari bahan Alumunium, serta pembuatan kerajinan anyaman tikar purun.

Desa Tanjung batu seberang dan Desa Tanjung Baru Petai, terkenal dgn kerajinan pembuatan bongkar pasang rumah kayu.
Desa/ kelurahan Tanjung batu, yg juga menjadi kecamatan desa-desa yang ada diatas, sebagian besar warganya adalah pengrajin Emas dan Perak.

Melihat segala potensi serta usaha kerajinan tersebut, sungguh amat sangat di sayangkan, apabila Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat tidak membantu atau menyalurkan bantuan yang tepat kepada seluruh pengrajin usaha kecil dan menengah yg ada di desa-desa se-Kecamatan Tanjung Batu.

Laporan : Juliansyah/ Edy S

# Baca Juga :  Covid-19 Meningkat, Koramil 402-07/Indralaya Gencar Sosialisasikan Protkes Ke Warga

Komentar

BACA JUGA