oleh

Tunjang Program Kampung Berkualitas dan Kelurahan Layak Anak, Kelurahan GIB Salurkan Ratusan Kartu KIA ke Masyarakat

monopolisumselnews| Prabumulih – Mungkin belum banyak para orang tua di Kota Prabumulih mengenal produk yang di keluarkan oleh Disduk Capil yang bernama KIA.

KIA (Kartu Identitas Anak) merupakan identitas resmi anak berusia di bawah 17 tahun, yang berfungsi hampir mirip dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimiliki oleh orang dewasa.

Menurut informasi yang dihimpun media ini, manfaat KIA yaitu anak mendapat perlindungan dan dipenuhi hak konstitusionalnya sebagai warga negara, memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik, mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi, mencegah terjadinya perdagangan anak, serta identitas diri jika anak mengalami peristiwa buruk.

Untuk mengambil manfaat tersebut, pihak kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) berisiatif mengusulkan pembuatan ratusan kartu KIA tersebut ke Disduk Capil untuk warganya.

Selain itu juga, kartu tersebut bermanfaat untuk menunjang program Kampung Berkualitas yang ada dikelurahan GIB dan program Kelurahan Layak Anak.

“Banyak manfaat dari kartu ini, dan kartu ini juga merupakan salah satu syarat menunjang program Kelurahan layak anak dan Kampung KB,”

“Saat ini sudah 200 kartu yang kita bagikan kemasyarakat kelurahan GIB untuk usia dibawah sekolah, dan itu diserahkan langsung kerumah warga masing-masing oleh saya sendiri beserta perangkat RT dan RW. Dan hal itu juga merupakan pelayanan kami terhadap warga GIB,” ucap Joko Arif Trianto AMd saat dibincangi awak media, Rabu (23/12/2020).

Dikatakan juga oleh Arif, dengan pembuatan kartu tersebut, merupakan sarana edukasi kepada masyarakat tentang tertip Admistrasi sedini mungkin.

“Yang jelas mengedukasi masyarakat tentang tertib Admistrasi sedini mungkin sehingga pendataan lebih memudahkan dalam sasaran kegiatan. Dan kami juga berharap kartu ini dapat bermanfaat banyak untuk masyarakat,” tukasnya.

# Baca Juga :  Sekda Pimpin Rapat Koordinasi Penyusunan Draft Perwako PSBB di Kota Prabumulih

Sementara itu, Wulan warga setempat mengucapkan terimakasih kepada pihak kelurahan yang sudah membantu mebuatkan Kartu KIA untuk anaknya serta sangat mengapresiasi setiap inovasi-inovasi baru dari pihak kelurahan.

“Dengan Inovasi seperti ini mudah-mudahan Kelurahan GIB dapat menjadi contoh dari kelurahan-kelurahan lain. Mang kartu KIA ini sangat bermanfaat bagi anak saya,” jelasnya.

Komentar

BACA JUGA