oleh

Postingannya Sempat Viral dan Menuai Kecaman, Pemilik Akun ‘Bagas Utras’ Meminta Maaf

-PERISTIWA-5.313 views

monopolisumselnews| Prabumulih – Karena kelalaiannya dalam menggunakan sosial Media Facebook, Pemuda inisial BS (19) warga Kelurahan Majasari, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih yang merupakan pemilik akun Facebook bernama ‘Bagas Ultras’ meminta maaf kepada Pemeritah Daerah dan seluruh masyarakat kota Prabumulih.

Permintaan maaf tersebut diutarakannya terkait postingan akun Facebook dengan nama ‘Bagas Ultras’ di salah satu Grup Facebook yang diduga memuat ujaran kebencian atau penghinaan terhadap Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Prabumulih.

Postingan tersebut memang sempat viral dan menuai berbagai kecaman dari pengguna sosial media lainnya.

“Memang benar itu akun saya, namun yang bikin postingan tersebut bukan saya karena akun FB tersebut di Hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan saya meminta maaf kepada Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Kota Prabumulih atas postingan tersebut,” ungkap BS yang di dampingi keluarga di Ruang Satreskrim Polres Prabumulih yang disaksikan oleh perwakilan masyarakat sekaligus perwakilan dari Pemerintah Daerah serta juga disaksikan oleh beberapa awak media, Minggu Malam (31/01/2020).

Ia mengakui bahwa, memang selama ini dirinya Login ke akun Facebook miliknya dengan menggunakan Handphone milik teman-temannya.

“Saya tidak memiliki HP, jadi saya sering pinjam ke teman-teman saya untuk Login ke akun FB saya, tapi yang bikin postingan tersebut bukan saya pak, terakhir kali saya buka FB itu hari Jumat kemarin pada saat saya sedang di bengkel,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Prabumulih AKP Abdul Rahman melalui Kanit Pidsus IPTU Gharasa Zahra menerangkan bahwa ditemukan fakta bahwa BS tidak memiliki Handphone.

“Jadi bagas ini tidak memiliki Handphone, namun dalam menggunakan akun tersebut, BS selalu meminjam handphone teman-temannya secara random dan tidak pernah me-Logout atau keluar dari akun tersebut, sehingga pihak manapun bisa menyalahgunakan akun tersebut,” terangnya.

# Baca Juga :  Viral, Video Gadis Cilik Ingatkan Masyarakat Tentang Pentingnya Mencuci Tangan Dengan Benar dan Selalu Menjaga Protokol Kesehatan

Dalam hal ini, lanjut Kanit, pihaknya menemukan fakta bahwa BS sudah melakukan kelalaian, dan meminta BS untuk mengklarifikasi kelalaianya tersebut.

“Dari kelalainya tersebut, BS harus klarifikasi hal tersebut, yang di saksikan oleh perwakilan masyarakat atau perwakilan Pemerintah Daerah termasuk semua yang ada di sini, dan kedepannya nanti jagan sampai terulang kembali” kata dia seraya menyuruh BS untuk meminta maaf kepada pihak Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

Setelah itu Kanit menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media jenis apapun.

“Jadi jangan sampai memuat konten yang dilarang, karena ada UU ITE yang mengatur, untuk itu bijakla dalam menggunakan Media Sosial,” tutupnya.

Mendatangi Polsek Prabumulih Timur Karena Takut

Setelah postingan yang di muat oleh akun Facebook ‘Bagas Ultras’ sempat viral dan menui banyak kecaman. Pemilik akun yang beinisial BS (19) di dampingi keluarga langsung mendatangi Polsek Prabumulih Timur untuk melapor.

Oleh pihak Polsek Prabumulih timur di limpahkan ke Unit Pidsus Satreskrim Polres Prabumulih untuk dilakukan penyelidikan.

Setelah dilakukan penyelidikan, didapatkan fakta-fakta terkait BS yang selalu meminjam Handphon teman-temannya untuk mengakses masuk atau Login akun miliknya tanpa Meng-Logout atau keluar kembali setelah selesai.

“Saya melapor itu oleh takut pak, karna bukan saya yang posting itu, karena terakhir kali main FB jumat kemarin. Dan tiba-tiba teman saya datang kerumah pada sabtu malam sekitar jam 20:00 WIB dan langsung memberitahukan kepada saya bahwa postingan saya viral,” terangnya saat dibincangi awak media di Kantor Satreskrim Prabumulih, Minggu Malam (31/01/2020).

Postingan Pemilik Akun Bagas Ultras Sempat Dilaporkan Ke Polres Prabumulih

Foto: Arif Arnic saat melaporkan postingan ‘Bagas Ultras’ ke Polres Prabumulih, Sabtu Malam (30/01/2021).

Setelah Viral dan Dikecam oleh Warganet lainnya, Postingan akun ‘Bagas Ultras’ sempat dilaporkan oleh salah satu tokoh pemuda yang sekaligus menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) ke Polres Prabumulih.

# Baca Juga :  Terkait Banyak Ditemukan Alat Konrasepsi Bekas, Berikut Ungkapan Ridho Yahya dan Sejarah Singkat Tugu Serangan Balas Kota Prabumulih

Akun tersebut dilaporkan atas postingannya di salah satu Grup media sosial yang diduga memuat ujaran kebencian atau penghinaan terhadap Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Prabumulih.

“Setelah beberapa saat postingan itu muncul dan viral kemarin, kita langsung mendatangi Polres Prabumulih untuk melaporkan hal tersebut. Ini untuk Efek jera kepada pengguna media sosial lainnya agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial, karena postingan seperti itu dapat membuat keresahan ditengah masyarakat,” terang Joko Arif Trianto atau yang akrab disapa Arif Arnic itu kepada awak media.

Setelah ini lanjut Arif, semoga tidak ada lagi akun-akun Facebook lainnya yang memuat konten tidak mendidik, terlebih lagi memposting ujaran kebencian yang dapat meresahkan masyarakat.

“Alhamdulilah tadi BS sudah meminta Maaf dan mengakui kelalaiannya, dan mudah-mudahan hal-hal seperti ini tidak terulang dikemudian hari,” tukasnya.

Komentar

BACA JUGA