oleh

13 Ribu Pelaku UMKM di Ajukan Diskop Prabumulih Dapat Banpres 2,4 Juta, Ini Jumlah Yang di Terima?

monopolisumselnews| Prabumulih – Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Presiden (Banpres) Produktif yang diberikan bagi Pelaku Usaha Miikro sebesar Rp2,4 juta di Kota Prabumulih, saat ini sudah mulai sepenuhnya terealisasi hingga Akhir Februari 2021 mendatang.

Namun sayangnya, dari total kurang lebih 13 ribu pelaku UMKM di Kota Prabumulih yang sudah diajukan oleh Dinas Koperasi Kota Prabumulih ke pihak Kementrian, hanya terrealisasi sekitar 1.200 pelaku UMKM.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerdayaan UMKM Dinas Koperasi Kota Prabumulih, Indra Kurniawan saat dibincangi awak media di Kantor Dinas Koperasi, Senin (08/02/2021).

“Menurut data yang ada, kita mengajukan sekitar 13 Ribu pelaku usaha hingga bulan November 2020 lalu, namun sayangnya hanya terealisasi kurang lebih sekitar 1.200 pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan. Dan itupun belum sepenuhnya cair, karena masih banyak yang terkendala masalah data pada saat pencairan hingga tenggang waktu pada bulan februari mendatang,” terangnya.

Indra menjelaskan, belum diketahu pasti penyebab Ribuan pelaku UMKM yang mengajukan bantuan tersebut ditolak oleh pihak Kentrian.

“Memang ada kreteria khusus yang mendapatkan bantuan tersebut, seperti tidak mepunyai hutang di Bank dan lain sebagainya. Namun nyatanya banyak pelaku UMKM yang kita ajukan sudah memenui syarat, namun ternyata namanya tidak keluar untuk mendapatkan bantuan tersebut. Karena itu wewenang mereka, dan kita hanya mengajukan saja,” ucapnya.

Lebih jauh Indra menjelaskan bahwa pelaku UMKM bisa mengakses eform.bri.co.id/bpum untuk memastikan mereka dapat atau tidaknya bantuan tersebut.

“Terkadang ada eror data, atau data penerima tersebut tidak kita terima dari pihak kementrian jadi kita tidak bisa menghubingi mereka, namun para pelaku bisa mengakses eform.bri.co.id/bpum untuk memastikannya. Dan jika mereka terdata di sana secepatnya melapor ke kita,” katanya.

# Baca Juga :  102 Kades di Muara Enim Resmi Dilantik, Juarsah : Jalankan Tupoksi Sesuai UUD

Ditanya tentang apakah bantuan tersebut masih di perpanjang?. Ia mengakui bahwa sejauh ini pihaknya belum mendapatkan surat resmi dari pihak kementrian prihal tersebut.

“Belum ada surat dari kementrian, jadi untuk saat ini belum ada pengajuan-pengajuan kembali. Namun yang jelas jika buka kembali, kita akan infokan ke semuanya,” tutupnya.

Komentar

BACA JUGA