oleh

Hadiri LDKS di SMA Negeri 2, Wawako Adriansyah Fikri Berikan Materi Profesional Leadership

monopolisumselnews| Prabumulih – SMA N 2 Prabumulih gelar Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) tahun 2021. Kegiatan diikuti oleh dua orang pengurus sebagai perwakilan dari 12 organisasi ekstra kurikuler (Ekskul) di Sekolah, dilaksanakan di lingkungan SMAN 2 Prabumulih, selama dua hari, Kamis dan Jumat lalu. Dengan mematuhi protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Wakil Wali Kota Prabumulih, H Andriyansyah Fikri SH memberikan materi mengenai profesional leadership, yang merupakan modal para siswa di masa depan. Menurutnya, Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik dan benar. Karena itu perlu dipelajari dan di dibiasakan sejak dini agar menjadi pemimpin yang profesional.

Seorang pemimpin harus bisa memutuskan mana yang harus dilaksanakan, di tunda atau di cancel karna hal itu pasti akan terjadi, dimana seseorang harus mengambil keputusan yang tepat disaat yang tepat.

“Dan itu tidak bisa didapatkan secara otodidak, melainkan berproses melalui pembinaan dan pembiasaan. salah satunya didapatkan dari kegiatan LDKS ini, organisasi saat menjadi mahasiswa dan kegiatan kepemimpinan lainnya,” jelas Alumni angkatan ke 3 SMAN 2 Prabumulih ini.

Luar biasanya bahkan Wakil Wali Kota Prabumulih ini, dikomandoi langsung oleh Pelaksana tugas Kepala Sekolah SMAN 2, Hj Eva Yusnita MPd.

“Menjadi moderator ini juga sekaligus mengedukasi memberikan contoh pada para guru dan siswa mengenai tata cara mengatur persidangan yang baik dan benar,”jelas Kepsek SMA termuda ini.

Sebelumnya para peserta LDKS, dan keluarga SMAN 2 melaksanakan shalat taubat dan shalat hajat bersama sama di lapangan sekolah, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi public speaking yang disampaikan oleh Roni Ardiansyah SPd Msi, Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Prabumulih dan alumni lain yang sedang bertugas di Kongo sebagai Pasukan Perdamaian Dunia (PBB).

# Baca Juga :  Patut Diapresiasi, Kelurahan Pasar 1 yang Berkerjasama Dengan MTPLA Bedah Rumah Warga Lorong Lematang

“Manajemen kepemimpinan juga satu paket dengan publik speaking. Yang akan menghadapi banyak orang, tentu harus Memiliki modal keberanian, mental dan pengetahuan yang mumpuni juga,”jelas Wanita yang pernah mengajar di SMAN 3 Prabumulih ini.

Pose bersama peserta LDKS 2021
Lebih jauh wanita yang pernah mengajar di Kairo selama lima tahun ini, berharap agar ilmu yang didapatkan oleh para siswa selama ikut LDKS, dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari sebagai pembiasaan.

“Semua nara sumber adalah alumni SMAN 2 yang sudah sukses, harapan kita para alumni dapat termotivasi berlomba lomba untuk sukses juga,”tukasnya.

Dalam sesi tanya jawab, pembina Kewirausahaan SMAN 2, Rita Kristianingsih SSi MPd merasa sangat bangga atas jawaban Wawako terkait dukungan Pemerintah terhadap pelatihan dan pembinaan untuk SMA 2 yang bekerja sama dengan UMKM dan balai latihan kerja.

“Bahkan beliau mengatakan bahwa Pemkot Prabumulih akan membuka peluang untuk siswa mengeksplorasi diri, mengembangkan bakat dan kreatifitas yang mempunyai khas Daerah Kota Prabumulih, dan berpesan agar siswa SMAN 2 tetap semangat berkreasi dan berinovasi menjadi pelajar cerdas namun tetap berkarakteriatik dan memiliki kearifan lokal,”tandas guru Biologi SMA 2 alumni Universitas Gajah mada ini.

Komentar

BACA JUGA