oleh

Aman Berobat ke Rumah Sakit Walupun di Masa Pandemi, Ini Penjelasan Humas RS AR Bunda?

monopolisumselnews| Prabumulih – Ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, diketahui banyak masyarakat yang enggan berobat ke rumah sakit.

Namun hal tersebut bukan tanpa alasan, karena masyarakat saat ini meyakini bahwa dengan berobat ke rumah sakit dapat berisiko tertular COVID-19.

Apalagi di tambah dengan adanya stigma negatif yang berkembang di tengah masyarakat, bahwa yang diangggap sebagai sumber penularan Covid-19 yaitu para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

Memang, stigma tersebut tidak semuanya salah, namun perlu anda ketahui bahwa saat ini hampir seluruh rumah sakit yang ada sudah melakukan strategi yang aman dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Seperti membuat kebijakan-kebijakan baru, sehingga setiap pelayanan kesehatan dilakukan sesuai standar seperti pembagian zona pelayanan, penentuan Alat Pelindung Diri (APD) disetiap zona, pengaturan tata ruang rawat, pemenuhan fasitilitas dan pengelolaan SDM yang tersedia.

Hal tersebut juga sudah di lakukan oleh Pihak Rumah Sakit AR Bunda Kota Prabumulih.

Diketahui, Rumah Sakit AR Bunda Kota Prabumulih saat ini sudah meningkatkan pelayanan, keamanan dan kenyamanan bagi setiap pasien, keluarga pasien maupun tenaga medis yang ada Rumah sakit, dengan sistem penerapkan protokol kesehatan yang terkontrol.

“Sebenarnya, setiap rumah sakit terkhususnya RS AR Bunda telah menerapkan protap tidak hanya untuk melindungi tenaga medis, tapi juga masyarakat yang tengah berobat. Dengan cara penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terang Martini selaku Humas RS AR Bunda saat dibincangi media ini di ruang kerjanya, Selasa (09/03/2021).

Dikatakan Martini, setiap pengunjung yang datang RS AR Bunda wajib menjalankan Protokol kesehatan Seperti 3 M (mencuci tangan, menjaga jarak, Memakai masker) dan sebelum memasuki Area rumah sakit, pengunjung harus di cek suhu tubuh.

# Baca Juga :  Langkah Mudah 3M Cegah Kerugian Akibat COVID-19

“Dan untuk di RS AR Bunda ini kita selalu mensterilkan setiap fasilitas umum maupun fasilitas medis secara berkala. Bahkan setiap tenaga medis dan karyawan di sini sudah dilakukan Vaksinasi. Jadi berobat di sini itu benar-benar aman,” ungkap martini.

Di singgung tentang pembagian perawatan pasien Covid-19 dan pasien umum yang ada di RS AR Bunda, Martini menjelaskan bahwa pihaknya sudah menerapkan zonasi.

“Setiap tenaga medis, ruangan, alat medis sudah di pisah sesuai zona masing-masing. Jadi di khususkan ya, untuk pasien Covid-19 ya khusus, dan untuk pasien umum lainnya ya khusus. Jadi tidak di samakan, serta pelayanan di sini terus ditingkatkan ya demi kenyamanan Pasien maupun keluarga pasien,” kata dia.

Martini juga menjelaskan, saat ini pihak RS AR Bunda sedang menjalankan program-program terbaru untuk mempermudah setiap pasien.

“Iya kita saat ini sedang menjalankan program terbaru dengan aplikasi online / telemedicine. Ini khusus bagi masyarakat yang tidak memungkinkan untuk ke rs. Jadi berkonsultasi dengan dokter sesuai pilihan yaitu cukup mengakses Aplikasi OKADOC dan HALODOC dengan cara download di PlayStore atau kami juga menyiapkan pendaftaran berobat melalui WhastApp dengan menghubungi no 08127166819,” tukasnya.

Lebih jauh Ia mengutarakan RS AR Bunda juga saat ini mempunyai program baru dan satu-satunya yang ada di kota prabumulih.

“Program baru ini dikhususkan untuk ibu hamil, yaitu program Prenatal gentle yoga atau yoga khusus untuk ibu hamil. Dengan mengikuti tratmen yoga ini bisa melacarkan persalinan, lebih rileks serta bisa mengurangi keluhan selama hamil dan ini belum ada di tempat lain di Kota Prabumulih, hanya ada di RS AR Bunda saja,” terangnya.

# Baca Juga :  Berbagi Kebahagian di Hari Kemerdekaan, Anggota DPRD Prabumulih EVi Susanti Berikan Bantuan ke Warga Binaan dan Santuni 3 Warga yang Membutuhkan

Serta untuk pelayanan terbaru, saat ini RS AR Bunda sedang mempersiapkan laboratorium khusus pemeriksaan Patologi Anatomi, satu-satunya di Kota Prabumulih

“Dengan adanya laboratorium PA ini masyarakat tidak lagi susah – susah memeriksakan hal itu ke palembang. Sebagai bentuk dukungan program pemerintah kami membantu masyarakat yang kurang mampu, yakni membantu kepengurusan Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI),” dengan motto Solusi Sehat Berobat Aman ya di AR Bunda Prabumulih, tukasnya mengakhiri perbincangannya.

Komentar

BACA JUGA