oleh

Giat Inovasi ‘Gelar Kasih’, Kelurahan GIB Jadikan Gorong-gorong Drainase menjadi tempat Swa Foto yang Apik

monopolisumselnews| Prabumulih – “Jika Tak Ada Gebrakan dan Inovasi Bukan GIB Namanya” begitulah semboyan yang di lontarkan oleh Lurah Kelurahan Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd saat dibincangi media ini tentang inovasi-inovasi terbaru di wilayah tersebut.

Diketahui, saat ini wilayah kelurahan yang memang dikenal dengan gebrakan-gebrakannya itu kembali berinovasi untuk memperindah wilayah tersebut.

Kali ini, pihak Kelurahan Gunung Ibul Barat menggelar Inovasi ‘Gelar Kasih’ atau disebut dengan Gerakan Pelestarian Kali Bersih.

Gerakan ini semacam gotong-royong yang melibatkan warga dan Instansi lintas sektor, dengan tujuan tidak hanya membersihkan. Namun, giat ini menjadi program lanjutan untuk Kelestarian Ekosistem Sungai dan Budidaya Ikan di wilayah setempat.

“Ya giat ini memang menjadi program lanjutan untuk Melestarian Ekosistem Sungai sekaligus dapat dimanfaatkan warga setempat untuk mebudidaya ikan. Serta kegiatan ini juga salah satu penunjang program, yang mana kelurahan GIB juga termasuk dalam Kelurahan Program Kampung Iklim tingkat Nasional,” kata Arif saat dibincangi media ini, di sela-sela kegiatan, Jumat (19/03/2020).

Menurut pantauan dilapangan, ada yang menarik dari giat tersebut, Gorong gorong yang terdapat di Rt 03 Rw 03 dan merupakan gorong-gorong drainase di bawah Rel kereta api tersebut ternyata apik untuk dijadikan Spot Foto.

“Setelah kita bersikan dan kita tata, ternyata tidak hanya dapat mencegah banjir, namun ternyata di wilayah tersebut juga sangat cantik untuk di jadikan spot foto,” terangnya seraya mengatakan kegiatan tersebut melibatkan warga GIB, Personil Zipur, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, RS Ar Bunda, Winro dan BNN.

Sementara itu, Syana salah satu warga setempat mengaku sebelumnya tidak mengetahui bahwa di wilyah itu terdapat gorong-gorong.

# Baca Juga :  Optimalkan Layanan Publik, Wako Prabumulih Sebut Camat dan Lurah Jangan Jadi Raja Kecil

“Saya kan tinggal di dekat sini, selama ini saya tidak mengetahui kalau ada gorong-tersebut, ya memang selama ini di tempat itu agak rimbun sih. Setelah dibersihkan tadi ternya ada gorong-gorong yang unik,” tukasnya.

Komentar

BACA JUGA