oleh

Keluhkan Tidak Adanya Fasilitas Kesehatan yang Optimal, Warga Sungai Medang Minta Gedung Puskesmas yang Terbengkalai Difungsikan Kembali

monopolisumselnews| Prabumulih – Sejumlah warga di Kelurahan Sungai Medang, Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih mengeluhkan tentang tidak adanya Fasilitas Kesehatan yang optimal di wilayah mereka.

Bahkan, warga setempat juga mempertanyakan tentang Gedung Puskesmas yang ada di wilayah itu kenapa sampai saat ini masih terbengkalai.

Seperti halnya yang di ungkapkan oleh Armadi (42) warga setempat, yang mengeluhkan tentang susahnya karena tidak adanya Fasilitas kesehatan yang memadai di wilayah mereka.

“Jauh pak jika mau berobat, kami harus ke Puskesmas yang di wilayah kelurahan Cambai itu, atau kami langsung ke rumah sakit. Jika saja gedung puskesmas ini masih difungsikan, mungkin warga di sini lebih terbantu,” keluh Armadi saat meberikan keterangan kepada media ini, Rabu (07/04/2021).

Belum diketahui pasti, penyebab Puskesmas yang sempat ada diwilayah itu menjadi terbengkalai seperti sekarang ini. Namun menurut warga setempat, gedung tersebut sudah lama terbengkalai seperti itu.

“Kurang tau juga pak penyebab gedung tersebut tidak difungsikan lagi, memang sudah beberapa tahun ini gedung tersebut seperti itu,” terang Armadi.

Lebih lanjut Armadi mengakui, bahwa di wilayah tersebut memang terdapat Polindes, namun mereka menilai Polindes yang ada dinilai kurang optimal untuk melayani masyarakat di wilayah itu.

“Di wilayah ini ada lebih kurang 6 ribuan masyarakat, mungkin sudah seharusnya di wilayah kami ini ada Fasilitas Kesehatan atau sarana kesehatan yang memadai, seperti Puskesmas atau paling tidak Pos Pembatu la, agar warga di sini tidak lagi kesulitan untuk berobat apabila ada yang Urgent, sedangkan mau ke Puskesmas maupun Rumah sakit cukup jauh dari sini,” ucapnya.

# Baca Juga :  Wujudkan Komitmen Wilayah 'Bersinar', Rutan Prabumulih Adakan Tes Urin Dadakan

Untuk itu, lanjut Armadi, Dirinya mewakili sejumlah warga di wilayah itu meminta kepada Pemerintah Kota Prabumulih maupun Instansi yang terkait untuk memberikan Fasilitas kesehatan atau Sarana Prasarana Kesehatan yang memadai di wilayah mereka.

“Kami warga di sini meminta tolong kepada Walikota Prabumulih, Bapak Ridho Yahya maupun pihak-pihak yang terkait untuk bisa menantu kami, untuk dapat memberikan Fasilitas kesehatan di wilayah kami ini, agar kami warga di sini tidak was-was lagi, terutama dari bidang kesehatan, paling tidak kami meminta agar gedung Puskesmas yang ada di sini difungsikan kembali,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih, dr H Happy Tedjo saat dikonfirmasi prihal tersebut melalui Via WhatsApp meminta masyarakat untuk mengusulkan itu melalui musrembang Kelurahan.

“Jadi ajukan terlebih dahulu ke kelurahan setempat, nanti pihak kelurahan mengajukan itu pada saat musrbang ke PMD. Nanti setelah itu baru kita tindak lanjuti, dan itu juga untuk memperkuat anggaran tembusan ke DPRD komisi 1 yang menyetujui anggaran,” jawabnya singkat.

Komentar

BACA JUGA