oleh

Disperindag Ogan Ilir Sosialisasi Bantuan BPUM Kepada Masyarakat, Berikut Syaratnya?

-OGAN ILIR-665 views

monopolisumselnews| Ogan Ilir – Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindag) Kabupaten Ogan Ilir mensosialisasikan Program Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) di 16 Kecamatan dalam kabupaten Ogan Ilir.

Kali ini, Sosialisasi bantuan untuk para pelaku usaha kecil tersebut dilaksanakan di kantor Camat Kecamatan Tanjung Batu, Kamis (08/04/2021).

Kabid UMKM Disperindagkop Dan UKM Ogan ilir, Dia Ekanita SE MN saat di temui Awak Media menjelaskan, di tahun ini hanya Disperindak yang bisa mengusulkan bantuan BPUM.

“Tidak sepeti tahun sebelumnya, bisa dari Bank milik negara, dan Pegadaian. Jadi jika ada warga yang ingin mendapatkan bantuan dan sudah sesuai dengan kreteria, silahkan daftar ke kita ,” tungkasnya.

Dikatakan Diah, Bantuan Presiden Usaha Mikro BPUM ini diperutukkan bagi mereka yang benar-benar memiliki usaha mikro ( sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 2021).

“Program ini juga selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yaitu Bangkit Usaha Mikro di Ogan Ilir. Kedepan Disperindak meminta kerjasama dengan Kepala Desa di saat memberikan Surat Keterangan Usaha (SKU) harus di Ketahui bahwa mereka benar-benar memiliki Usaha,” jelasnya.

“Apa lagi Kecamatan Tanjung Batu merupakan Salah Satu kecamatan yang banyak usaha home Industri seperti Pandai Besi, Tenun Songket, Pengrajin Alumanium,Rumah kayu Bongkar Pasang dan banyak lagi Yang Lainya,” ungkap Bu Diah.

Sementara, Camat Tanjung Batu yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Amirudin Bakri.S.IP. dalam sambutannya mengatakan, “Program Bantuan Presiden Usaha Mikro( BPUM) Bisa membangkitkan perekonomian di seluruh Desa seKecamatan Tanjung Batu,” ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada Kepala Desa agar dapat memberikan Surat Keterangan Usaha (SKU) kepada yang benar-benar memiliki usaha.

# Baca Juga :  Siap Mengawasi Jalannya Pilkada Ogan Ilir, Panwaslu Kecamatan Tanjung Batu Lantik 93 Anggota PTPS

Adapun syarat pendaftaran BPUM tahun 2021 yaitu:

1.Warga Negara Indonesia.
2.Punya Usaha sesuai PP No 7 Tahun 2021
3.Punya Nomor Induk Kependudukan (KTP elektronik)
4.Punya Nomor Kartu Keluarga.
5.Bukan ASN,TNI/Polri, Pegawai BUMN atau BUMD.
6.Tidak sedang menerima KUR.

Kelengkapan Berkas ( Di akses melalui link https://tinyurl.com/bpumoi2021)

1.Fc.KTP
2.Fc.Kartu Kelauarga
3.Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Desa/Kelurahan.
4.Form Profil Usaha UMKM.
5.Surat Pernyataan Mutlak.

Laporan : Edy S – Juliansyah

Komentar

BACA JUGA