oleh

Safari Ramadan di Desa Segamit, PJ Sekda Himbau Warga Tak Terprovokasi Konflik Tapal Batas

-KRIMINAL-6 views

monopolisumselnews| Muara Enim – Memasuki hari ke-5 Ramadan, Pj Sekda Kabupaten Muara Enim, Drs. Emran Tabrani, M.Si., Emran Tabrani beserta Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Amrullah Jamaluddin, S.E., Ken Arief dan rombongan melaksanakan Safari Ramadan, berbuka puasa dan shalat tarawih ke wilayah paling ujung disebelah timur Kabupaten Muara Enim, yaitu Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu, Sabtu (17/04).

Dalam sambutannya kepada warga desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Lahat ini, Pj. Sekda menghimbau untuk tidak terprovokasi permasalahan tapal batas yang menurutnya telah sah diatur melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) sehingga tidak perlu terpancing konflik jika ada oknum dari daerah lain yang menggeser ataupun mengakui wilayah Kabupaten Muara Enim di Desa Segamit karena dapat diselesaikan secara hukum oleh masing-masing pemerintah daerah dengan berpedoman pada ketentuan yang sah.

Hal tersebut disampaikan Pj. Sekda seusai shalat tarawih bersama warga di Masjid Jamiul Muttaqin, Desa Segamit.

Dijelaskan Pj. Sekda bahwa batas antara Desa Segamit dengan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu telah tertuang dalam Permendagri Nomor 102 Tahun 2017 tentang Batas Daerah Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan dengan Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Kemudian batas Desa Segamit dengan Kabupaten Lahat juga telah jelas dalam Permendagri Nomor 111 Tahun 2019 tentang Batas Daerah Kabupaten Muara Enim dengan Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

Dikedua Permendagri tersebut secara jelas dan tegas disebutkan titik koordinat yang menjadi batas masing-masing daerah sehingga menurut Pj. Sekda warga tidak perlu terpancing permasalahan tapal batas karena tidak akan ada yang berubah meskipun ada yang berusaha menggeser atau mengakui patok tapal batas.

# Baca Juga :  Enam Angota Intel Kodim Muara Enim Turun Tangan, Narkoba Senilai 100 Juta di Amankan

Dirinya meminta permasalahan tersebut tidak diselesaikan secara pribadi melainkan dilaporkan kepada aparat desa atau kecamatan karena masalah tapal batas merupakan kewenangan Pemkab. Muara Enim.

Pj Sekda-pun mengucapkan terima kasih atas penyambutan yang sangat baik dari warga Desa Segamit.

Dirinya menyampaikan salam dari Plh. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M. H. Nasrun Umar Pj. Sekda juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan menjaga aset beberapa perusahaan panas bumi yang ada sehingga keberadaannya dapat memberikan kontribusi bagi Kabupaten Muara Enim, khususnya kesejahteraan warga Desa Segamit.

Kegiatanpun ditutup dengan ceramah agama dan doa yang dipimpin oleh Ustadz KH. Miftah Kaprawi.

Laporan : Aldi S – Beben

Komentar

BACA JUGA