oleh

Data SDGs untuk Pembangunan Berkelanjutan

monopolisumselnews| Muara Enim – Bertempat di Aula Pemerintah Desa Tanjung Raja, sabtu (18/04), dilakukan pembekalan Kelompok Kerja (Pokja) sebagai bagian dari tahapan pemutakhiran data Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai acuan pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDDTT) untuk pembangunan berkelanjutan.

Dalam pembekalan ini langsung dibuka oleh Kepala Dinas Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Muara Enim, Drs. Rusdi Khairullah M.Si. dan Narasumber Pembekalan Pokja SDGs yaitu Camat Muara Enim, Syarifudin A.P., M.Si.

Sedangkan Pokja SDGs Desa Tanjung Raja terdiri dari Kepala Desa Hisuliadi, Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan Desa, Perangkat Desa, Ketua RW, Ketua RT, Unsur Karang Taruna dan Unsur PKK. Peserta kegiatan kurang lebih sekitar 20 peserta.

“Selaras dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PDDTT Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim siap mensukseskan pemutakhiran data SDGs Desa yang dimulai dari tanggal 1 Maret 2021 sampai denhan 31 Mei 2021,” terang Drs. Rusdi Khairullah.

Dijelaskan, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

“Pemkab Muara Enim menekankan kepada Desa – Desa untuk akurat mengambil data yang benar sesuai kondisi dilapangan, data yang sebenarnya dan data yang tidak mengada – ada, karena dengan data yang benar atau sebaliknya akan mempengaruhi kebijakan Pemerintah Pusat,”imbuhnya.

Laporan : Aldi S – Beben

# Baca Juga :  Geger, Satu Pria meninggal di Cafe Pedro Sungai Tebu, Motif dan Pelaku Belum Terungkap

Komentar

BACA JUGA